Puskemas Lawang Naik Status

(Dok/Malang Post)

(Dok/Malang Post)

Dalam waktu dekat Puskesmas Lawang akan meningkat menjadi rumah sakit tipe D.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang dr Agus Wahyu Arifin, pencanangan Puskesmas Lawang menjadi RS tipe D itu nantinya akan diumumkan pada puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-44 di Stadion Kanjurahan Kepanjen, Sabtu (22/11) mendatang.

“Untuk penetepannya masih menunggu surat keputusan dari Menteri Kesehatan. Yang jelas, surat pengajuan perubahan status dari Puskesmas menjadi RS tipe D itu sudah diajukan ke Menkes. Dan dalam waktu dekat surat penetapan itu sudah turun,” ucapnya.

Dilanjutkan Agus, perubahan status itu setelah Puskesmas Lawang sudah memenuhi syarat-syarat untuk menjadi RS tipe D. Diantaranya, sudah mempunyai ruang operasi, laboratorium, UGD, kamar bersalin, mobil ambulance, dua dokter spesialis yakni spesialis kandungan dan bedah dan memiliki lebih dari 50 tempat tidur.

“Selain itu, Puskesmas Lawang juga sudah mempunyai Incenerator. Yaitu tempat pembuangan sampah medis dengan suhu 1000 derajat celsius. Dan juga memiliki IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah. Kedua alat inilah yang juga menjadi penunjang perubahan status,” lanjut Agus.

Untuk jumlah perawat sendiri, Agus mengatakan memang masih kurang. Yakni hanya ada 18 perawat. Padahal yang dibutuhkan untuk satu tempat tidur, setidaknya harus ada satu perawat. “Namun, untuk kebutuhan perawat nantinya akan segera kami tambahkan sesuai dengan kebutuhannya,” tambahnya.
Dijelaskannya, dalam acara puncak HKN itu nantinya selain pencanangan Puskesmas Lawang menjadi RS tipe D, juga ada agenda lainnya. Yaitu pemberian penghargaan ISO oleh Bupati Malang Sujud Pribadi kepada Puskesmas Kepanjen, Puskesmas Tumpang dan Dinkes.

Selain itu, juga pencanangan delapan Puskesmas menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Diantaranya Puskemas Lawang, Tumpang, Turen, Dampit, Sumberpucung, Kepanjen, Dau dan Puskesmas Donomulyo. (agp/eno)
(agung Priyo/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s