Kawasan wisata Lembah Dieng meluluhkan hati Frisca Olivia

Frisca Olivia sosok low profile dan suka tantangan

Frisca Olivia sosok low profile dan suka tantangan

KAWASAN wisata Lembah Dieng telah meluluhkan hati Frisca Olivia B.Sc Hons. Tantangan yang diberikan sang ayah untuk mengelola Lembah Dieng dan memegang kendali di sana lebih dipilihnya daripada jabatan sebagai food Research di perusahaan besar Garuda Food Jakarta.

Alumnus University of New South Wales (UNSW) Sydney Australia ini memilih keluar dari jabatan itu dan berkecimpung dengan usaha yang sebelumnya dijalankan sang ayah yakni Kujang, sehari-harinya berprofesi sebagai kontraktor. Walaupun, banyak tantangan yang harus ditaklukkannya dan itu bukan hal mudah.

Kawasan wisata Lembah Dieng pada tahun 1992 an adalah salah satu tujuan wisata yang cukup favorit di Malang. Fasilitas kolam renang internasional yang ada ditambah fasilitas water boom membuat kawasan ini menarik banyak pengunjung. Namun kemudian kawasan ini sempat ditutup dan tidak ada pengembangan lagi pada tahun 1997 an. Kemudian dibuka kembali untuk umum pada tahun 2006 dan dikelola oleh Kujang. Mengembangkan kembali kawasan ini membutuhkan banyak ide-ide segar. Karena itulah, Kujang kemudian menarik dua putranya yaitu Frisca dan Ade Wisnu. Dengan harapan, sebagai generasi muda ada banyak ide segar yang muncul sehingga kawasan tersebut bisa terus berkembang.

“Baru sekitar empat bulan saya memutuskan untuk membantu Papa, sudah ada musibah yang benar-benar membuat syok. Waktu itu sekitar tahun 2007, kawasan ini longsor. Tragedi itu benar-benar membuat kami tidak hanya memulai dari nol, tapi memulai dari image negatif. Dan saya tidak mungkin menarik kaki yang sudah kadung masuk separuh ke sini,” ungkapnya.

Meski sempat ciut hati, wanita kelahiran Malang 6 Februari 1984 ini tak patah arang. Dukungan dari pelanggan setia kolam renang, dan juga masukan dari orang tua dilakoninya. Saat ini ia pun sudah berhasil menambah unit bisnis baru di sana. Seperti warung tenda pelengkap resto yang sudah ada, menggairahkan hall dan menyewakan untuk berbagai acara, hingga membuka kolam pancing. Khusus kolam pancing ini dikelola Ade sang kakak. Lokasi tempat wisata yang tidak terjangkau kendaraan umum pun difasilitasinya dengan menyediakan fasilitas shuttle untuk menjemput pelanggan yang akan datang ke sana. Ada tamu tetap dari Timor Leste, rombongan kampus hingga siswa SD yang biasa memanfaatkan fasilitas shuttle itu. Frisca juga mencoba mengeksplor potensi kawasan itu untuk fasilitas outbond. Sebab, view yang ada sangat pas untuk fasilitas itu.

Keyakinan bahwa kawasan tersebut dibutuhkan, membuatnya mantap dengan tanggung jawab mengelola kolam renang yang menurutnya tidak komersial itu. Sebab, di tempat inilah beberapa atlit olahraga hingga tingkat internasional biasa berlatih. Seperti atlit renang Olimpiade Beijing dari Malang, yaitu Fibriani Ratna Marita.

“Hampir semua teman kuliah saya di Sydney menyayangkan keputusan saya meninggalkan Garuda Food. Tapi inilah tantangan, dan saya yakin ada positif dan negatifnya dari pekerjaan sebelumnya dan sekarang,” ungkapnya sambil tersenyum dan tanpa nada menyesal.

Diakuinya, mengembangkan usaha wisata kolam renang sangat tidak relevan dengan ilmu yang ditempuhnya di luar negeri. Untuk menjalankannya yang utama adalah insting, juga bantuan orang tua dan arahan dari para pengunjung setia. (lailatul rosida/nug/habis) (rosida/malangpost)

Iklan

1 Komentar

Filed under Malang, Pariwisata

One response to “Kawasan wisata Lembah Dieng meluluhkan hati Frisca Olivia

  1. mike

    aku juga menyukai tempat ini…..
    ingat waktu dulu…,aku ngikuti rombongan ayahku dari SD trajeng ke tempat ini,tapi sayang….ada kejadian nahas….,waktu itu murid ayahku tenggelam di kolam renang!sejak saat itu ayahku gak pernah ngajak aku lg kesana….
    tapi…. sekarang aku kepingin pergi ke sana lagi….,apa masih di buka ya????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s