Wawancara Hingga Dini Hari, Calon Anggota KPU Dicecar

Sebanyak 20 orang calon anggota KPU Kota Batu kembali mengikuti ujian seleksi untuk menyaring 10 orang terbaik yang akan dikirim tim seleksi KPU Kota Batu ke KPU Provinsi Jatim. Setelah psikotes, selama dua hari kemarin 20 orang calon anggota KPU mengikuti tes wawancara di kantor KPU Batu.

Test wawancara dibagi dalam dua gelombang. Jumat, gelombang pertama untuk 7 orang calon anggota KPU, dan Sabtu untuk 13 orang calon anggota KPU lainnya. Pelaksanaan hari pertama berlangsung hingga dini hari sekitar jam 2.30 WIB. Karena pelaksanaan test dimulai sejak jam 19.00 WIB.

“Masing-masing calon anggota mendapatkan kesempatan sekitar satu jam untuk mengikuti tes wawancara,” kata H. Abdul Rochman Hadi, anggota tim seleksi anggota KPU Batu yang dihubungi Malang Post, kemarin.

Test wawancara langsung dilakukan lima anggota tim seleksi kepada masing-masing calon anggota. Materi yang disampaikan terkait dengan kemampuan masing-masing calon anggota dalam memahami aturan Pemilu, kemampuan dasar organisasi dan juga materi wawasan kebangsaan.

Tidak hanya itu saja, anggota tim juga mengklarifikasi langsung kepada calon anggota yang dilaporkan masyarakat saat masa uji publik lalu. Laporan yang masuk ke tim akan diklarifikasi saat test wawancara berlangsung.

“Kalau ada yang tidak memenuhi persyaratan akan dicoret. Tidak ada kewenangan lain tim seleksi selain mencoret,” ungkap ketua PC NU Kota Batu itu.

Begitu juga dengan ketetapan lima anggota KPU yang akan dilantik nantinya. Tim seleksi hanya mengantarkan 10 orang calon anggota KPU ke KPU Provinsi Jatim. KPU Jatim yang sepenuhnya memiliki kewenangan untuk menetapkan lima anggota KPU terpilih.

Sementara itu, salah satu calon anggota KPU Kota Batu, M. Adi Saputro mengakui tes wawancara yang diikutinya hingga dini hari. Dia mendapatkan jadwal pada hari pertama sekitar jam 23.00 WIB. Karena waktunya sempat molor, pelaksananya hingga jam 02.30 WIB.

“Materinya seputar Pemilu dan wawasan kebangsaan serta keorganisasian. Meski waktunya sempat molor hingga dini hari, saya mencoba untuk dapat menjawab dengan baik semua pertanyaan yang diberikan tim,” terangnya. (aim/han) (muhaimin/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s