Dandan Tempo Dulu, Kayuh Sepeda ke Singosari

Pawai sepeda budaya mengawali rangkaian acara Grebeg Singhasari dalam HUT Ke-1.248 Kabupaten Malang. Kurang lebih 500 peserta dengan penuh semangat mengayuh sepeda dari pendapa Pemkab Malang menuju Candi Singosari di Kecamatan Singosari. Tampak di antaranya jajaran pejabat seperti Wakil Bupati (Wabup) Rendra Kresna dan Ketua DPRD Kabupaten Malang Suhadi.

Namanya pawai budaya, hampir separo peserta mengenakan pakaian tempo dulu. Ada yang berpakaian adat Jawa, pakaian model kolonial hingga model khas rakyat jelata. Gambaran tempo dulu semakin kental karena mereka menaiki sepada lawas.

Bupati Sujud Pribadi yang memberangkatkan rombongan sangat mendukung kegiatan berbau budaya ini. Dia mengatakan, budaya Kabupaten Malang perlu terus dilestarikan. Dia juga meminta semua unsur masyarakat di kabupaten bersatu untuk mempertahankan budaya. “Kebersamaan yang saat ini terjalin harus digalakkan lagi,” ujarnya.

Sampai di Candi Singosari sekitar pukul 08.30, peserta mendapat kuliah budaya dari Dwi Cahyono, budayawan UM. Dalam paparannya, Dwi meminta masyararakat untuk terus mempertahankan warisan budaya yang ada, termasuk Candi Singasari. “Kita harus merawat peninggalan budaya yang masih tersisa ini,” ucap laki-laki bertubuh sedang itu.

Dwi menjelaskan, saat ini sudah banyak warga Malang yang tidak mengerti sejarah Malang. Makanya, kegiatan Grebeg Singhasari ini sedikit banyak akan mengingatkan masyarakat Malang tentang sejarah yang pernah terjadi di Malang.

Ketua panitia Grebeg Singhasari Sugiyanto menambahkan, pawai sepeda itu sebagai salah satu alternatif model angkutan wisata jarak pendek yang murah meriah. Wisatawan yang ada di Malang bisa memanfaatkan sepeda untuk berjalan-jalan. “Jika ini dikelola dengan baik, bisa manarik wisatawan,” katanya.

Sementara, puncak acara grebeg tahun ini yang semula dijadwalkan 30 November diundur menjadi 28 Desember. Dalam kegiatan yang dipusatkan di Kepanjen tersebut, bakal ditampilkan berbagai budaya yang ada di Kabupaten Malang. (lid/yn/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s