Golput, Tindakan Tak Bijak

Instruksi KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) agar pimpinan PKB di daerah – mulai dari provinsi hingga kecamatan – untuk memboikot pemilu ternyata tidak akan dilakukan oleh DPC PKB Kota Malang. PKB Kota Malang memastikan jika orang-orangnya tetap mengikuti Pemilu 2009.

Ketua DPC PKB Kota Malang, Drs H.A. Muhaimin MT mengatakan orang-orang PKB di Kota Malang adalah orang-orang yang memiliki pemikiran yang lebih rasional. Mereka tidak serta merta mengikuti ajakan untuk memboikot Pemilu sebab mereka memiliki keinginan untuk menata kembali program-program pemerintahan menjadi lebih baik.

“Insya Allah, instruksi tersebut tidak akan diikuti. Orang-orang PKB di sini akan tetap mengikuti Pemilu. Mereka sudah lebih rasional dan pasti memiliki pemikiran untuk menata negara dengan jalan membuat program yang lebih baik. Usaha untuk merealisasikan keinginan itu adalah dengan mengikuti Pemilu,” ungkap Muhaimin pada Malang Post, kemarin.

Mantan anggota DPR RI ini menilai apa yang diserukan oleh Gus Dur beberapa waktu lalu itu adalah karena ketidakcocokan Gus Dur terhadap sistem yang ada saat ini. Ajakan Gus Dur untuk Golput kepada orang-orang PKB ini adalah tindakan yang tidak bijak. Sebab Pemilu merupakan kepentingan nasional.

Muhaimin menambahkan, ajakan Gus Dur untuk golput sebenarnya bisa juga mendongkrak suara untuk partai yang memiliki nomor urut 13 ini karena yang nantinya memilih menjadi golput adalag orang-orang di luar PKB. Misalnya saja jika saat ini perbandingan antara suara yang dimiliki PKB dengan partai lain 5:8, dengan adanya ajakan Gus Dur untuk golput, maka suara untuk partai lain akan berkurang. Sehingga apa yang diperoleh PKB di Pemilu 2009 prosentasenya bertambah.

Selain itu, keyakinan bapak empat anak ini terhadap kebesaran PKB di Kota Malang tetap tinggi. Momentum pertemuan yang digelar beberapa waktu lalu di kantor sekretariat DPC PKB Kota Malang, Jalan Ketapang menjadi bukjti bahwa PKB tetap besar dan solid.

“Waktu itu banyak yang tidak menyangka kalau kegiatan halal bihalal tersebut bisa seramai itu. Memang diakui tidak semuanya bisa hadir karena mungkin sakit hati. Tetapi dari pertemuan tersebut, sudah bisa membuktikan jika keberadaan PKB di Kota Malang masih tetap solid,” pungkasnya. (nda/mar) (Adinda Zaeni/malangpost)

Iklan

1 Komentar

Filed under Malang

One response to “Golput, Tindakan Tak Bijak

  1. Ping-balik: » Perang “Fatwa Politik” tentang Golput :: Yudhista Aditya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s