Kerugian Kecelakaan Capai Rp 60 Triliun

Menumbuhkan kesadaran berkendara dan berlalu lintas tidak hanya dengan kampanye di jalanan. Strategi dan cara bertindak harus digodok terlebih dahulu dengan melibatkan pihak-pihak intelektual. Khususnya dalam mengatasi kerugian akibat kecelakaan lalu lintas.

Pakar transportasi dari Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Ir Harnen Sulistio MSc memaparkan, tingkat kematian akibat kecelakaan lalu lintas yang telah menjadi masalah sosial ekonomi serius. Di sepuluh negara anggota ASEAN, kerugian yang ditimbulkan oleh adanya kecelakaan lalu lintas sebesar USD 15 milyar. Setara dengan 2,2 persen GDP regional ASEAN. Estimasi kerugian terbesar terjadi di Indonesia yaitu USD 6,03 milyar (2,91 persen dari GDP) sekitar Rp 60 triliun.

Dengan kondisi itu, harus ada perhatian dan upaya sungguh-sungguh untuk mengatasi tingginya kerugian akibat kecelakaan tersebut. Apalagi sampai saat ini, program keselamatan lalu lintas di Indonesia masih bersifat parsial, mengadopsi negara lain. “Belum dibuat perencanaan terintegrasi dan berkelanjutan atau pun road map program keselamatan secara nasional,” ujar guru besar ilmu teknik jalan raya UB ini.

Setelah itu ada paparan rekomendasi program aksi keselamatan lalu lintas oleh perwakilan peserta. Termasuk pilihan-pilihan program yang akan dipromosikan di kabupaten dan kota asal masing-masing.

“Kami berharap bisa tercipta persamaan persepsi dan peningkatan koordinasi dalam mengurangi angka kecelakaan. Pemikiran-pemikiran baru dan strategis juga ditunggu dari agenda ini,” katanya. (yos/lia/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia, Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s