Proses Sertifikasi Guru Agama Baru Mulai Penilaian Portofolio

Kalangan guru agama yang ikut sertifikasi 2008 harus lebih bersabar. Dibanding dengan sesama rekan guru mata pelajaran lainnya, proses penilaian portofolio berjalan lambat. Pihak Panitia Sertifikasi Guru Universitas Islam Negeri Malang (PSG UIN) baru menerima berkas portofolio seminggu lalu.

M. Zainuddin, sekretaris PSG UIN kemarin mengungkapkan aktivitas menilai portofolio baru dimulai. Sebab, data pusat turun ke PSG seminggu lalu. Sehingga, pihaknya harus ngebut menyelesaikan penilaian terhadap sekitar 2.000 guru agama se-Jatim. “Jangan sampai, penilaian melebihi Desember 2008,” katanya.

Menurut Pembantu Dekan I Fakultas Tarbiyah UIN Malang ini, pihaknya harus selesai sebelum 2009 karena tugas penilaian portofolio masuk program anggaran 2008. Sehingga pelaksanaan harus selesai juga dalam 2008. Lebih dari itu, penilaian harus tuntas di 2008 agar pengumuman kelulusan juga bisa dilakukan di 2008. Sebab, kalau pengumuman kelulusan dilakukan di 2009, maka tunjangan profesi untuk guru agama akan turun setahun setelahnya alias 2010.

Hingga akhir September 2008 lalu, pihak PSG UIN sudah ketir-ketir soal penilaian portofolio guru agama yang ada dalam naungan depag. Sebab, September adalah jadwal penerimaan portofolio. Namun berkas milik guru-guru itu tak kunjung masuk ke PSG UIN.

Adanya keterlambatan pemasukan berkas portofolio tersebut, lanjut Zainuddin, karena masing-masing Mapenda di depah kota dan kabupaten se-Jatim terlambat. Karena keterlambatan ada di tingkat bawah, maka arus berkas ke atas pun terlambat. “Ya bagaimana lagi, kami terimanya juga telat,” katanya.

Soal target penyelesaian penilaian portofolio, Zainuddin mengatakan akan akan diupayakan 1 Desember mendatang. Pihaknya akan kerja keras untuk menaati target tersebut. Dengan harapan, minggu pertama Desember, data yang lolos penilaian sudah bisa dikirim ke konsorsium sertifikasi di tingkat pusat. “Kalau bisa kami berharap yang lulus bisa diumumkan Desember itu,” kata Zainuddin.

Target 1 Desember juga dimaksudkan agar waktu pelaksanaan PLPG (pendidikan dan latihan profesi guru) bisa dimulai Desember 2008. Kalau tidak bisa, Januari 2009 sudah bisa diselenggarakan. Dengan begitu, proses sertifikasi guru agama tidak terlalu ketinggalan dengan proses sertifikasi guru mapel lain dalam naungan depdiknas. (yos/lia/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s