Tak Terima Laporan lewat SMS, Harus Laporan Resmi

Satu per satu calon anggota KPUD Kabupaten Malang mulai dipelototi masyarakat. Kini ada laporan salah seorang calon diduga masih aktif sebagai pengurus partai politik. Calon yang bernama Rurid Rudianto itu, dikabarkan masih tercatat sebagai Sekretaris LPP DPC PKB Kabupaten Malang periode 2006-2011. Penetapan tersebut berdasarkan SK Nomor 234/DPC-02/A.1/IV/2008. Padahal, dalam aturan, anggota KPUD tidak boleh merangkap sebagai pengurus partai politik.

Bupati LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Kabupaten Malang Zuhdy Achmadi mengaku terus memantau proses seleksi penerimaan calon anggota KPUD Kabupaten Malang. Menurut dia, anggota KPUD ke depan harus diisi oleh orang-orang yang bebas dari masalah dan partai.

Dia minta tim seleksi, jika ada calon yang telah melanggar aturan, hendaknya tidak diloloskan. “Kami akan terus mengawal, kalau memang ada yang bermasalah akan kami pantau terus,” katanya kemarin. Termasuk kata dia, mengenai dugaan adanya calon anggota KPUD yang masih sebagai pengurus parpol.

Hal itu, tambahnya, melanggar UU 22/2007 tentang Pemilu yang mensyaratkan anggota KPUD tidak boleh dari pengurus parpol. “Tapi, jika ada laporan calon yang lain, kami juga akan memantau. Kami akan melaporkan semua masalah yang masuk ke pihak terkait,” tambahnya.

Ketua Tim Seleksi KPUD Kabupaten Malang Dr Ir Mukri Prabowo hingga kemarin belum menerima pengaduan terkait calon anggota KPUD itu. Menurut dia, memang pernah ada laporan masuk, tetapi hanya lewat SMS, bukan laporan resmi. Padahal yang dibutuhkan tim seleksi adalah laporan resmi. “Kalau hanya SMS ya tidak bisa kami lanjutkan,” ujar rektor Unisma ini.

Menurut Mukri, jika ada laporan resmi, tim seleksi akan melakukan kroscek ke sejumlah lembaga yang memiliki kompetensi. Jika ada yang melaporkan calon bertindak kriminal, maka akan dikonfirmasi ke polisi. Atau, jika ada laporan peserta masih tercatat sebagai pengurus partai politik, tim seleksai juga akan mengecek ke pengurus partainya.

Sementara, Rurid Rudianto ketika dikonfirmasi soal kabar tersebut menanggapi enteng. Menurut dia, selama ini tidak pernah ada pemberitahuan dari partai kalau dirinya masuk sebagai pengurus partai. “Kalau memang saya di SK, seharusnya kan ada yang memberitahukan. Namun selama ini tidak ada yang memberitahukan kalau saya masuk sebagai pengurus parpol,” jawab dia. Namun, dia tetap tidak akan terpengaruh maju untuk mengikuti proses seleksi calon anggota KPUD. (lid/ziz/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s