Unikan Sarasehan Napak Tilas Sepeda Budaya

Universitas Kanjuruhan (Unikan) Malang tak mau ketinggalan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Malang. Pada Sabtu malam, digelar sarasehan budaya dengan tema Napak Tilas Sepeda Budaya Salah Satu Alternatif Pelestarian dan Pengembangan Budaya sebagai Aset Pembangunan Pariwisata.

Acara tersebut berlangsung cukup meriah, apalagi ratusan anggota club Sepeda Ontel Malang Selatan turut hadir di sana. Menurut Pembantu Rektor III Unikan Drs H Christea MM kegiatan ini diharapkan menjadi bentuk sumbangsih Unikan untuk pelestarian budaya di wilayah Kabupaten Malang. “Aset budaya perlu ditangkap, ini adalah tanggung jawab universitas untuk lestarikan budaya yang ada. Harapannya, dari even ini dunia akan melihat bahwa ada potensi di Malang,” ungkap Christea.

Menurut Thea, panggilan akrab Christea, apresiasi terhadap budaya yang ada seperti Club Sepeda Ontel merupakan sesuatu yang istimewa, dan tergolong langka. Karena itu, perguruan tinggi harus untuk ikut melestarikan budaya tersebut.

Dalam sarasehan itu, hadir kurang lebih 250 anggota club Sepeda Ontel Malang Selatan. Mereka nampak semangat mengikuti jalanannya acara. Apalagi, secara tegas, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Purnadi menjanjikan untuk lebih memperhatikan club ini. Kalau mungkin, diharapkan ada alokasi dana khusus dari APBD yang bisa digunakan untuk mengembangkannya.

“Ini baru rencana saja, paling tidak harapannya kalau club ini mau keliling ke luar kota minimal ada transportnya. Itu yang akan kami perjuangkan kepada Pemkab Malang,” tuturnya.

Selain Purnadi, hadir sebagai pembicara, Sugiyanto, dari Malang Tourism Center. Menurut Sugi, kerja sama dengan Unikan ini sebenarnya lebih pada kedekatan. Meski kampus tidak berlokasi di kabupaten, tapi dari sisi nama kampus jelas berkaitan dengan kejayaan zaman kerajaan Kanjuruhan di Malang. Melalui sarasehan itu diharapkan bisa mendapatkan masukan dari kajian ilmiah budaya malangan. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s