Antisipasi Banjir, Bersihkan Sungai

Eddy Rumpoko (kanan) melakukan koordinasi singkat disela-sela kerja bakti kemarin. (Vandri Van Battu/Malang Post)

Eddy Rumpoko (kanan) melakukan koordinasi singkat disela-sela kerja bakti kemarin. (Vandri Van Battu/Malang Post)

Hampir semua sungai di Batu jadi tempat pembuangan sampah. Bila tidak dibersihkan, banjir dan longsor terus mengintai warga. Karena itu, kemarin pagi warga Kelurahan Sisir ramai-ramai membersihkan sungai Brantas yang melintas di wilayah itu.

Kerja bakti massal itu diikuti hampir semua warga Sisir. Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, Wawali HA Budiono dan sejumlah pejabat Pemkot Batu pun ikut serta membersihkan sampah yang menumpuk disekitar aliran sungai.

Selain mengangkut sampah, juga dilakukan penanaman 750 pohon produktif seperti mangga dan nangka. Ratusan pohon itu ditanam di bantaran sungai untuk mencegah terjadinya longsor.

Koordinator bersih-bersih kali, Cahyo Edi Purnomo SH MH, mengatakan kerja bakti untuk mengatasi sedimentasi sungai oleh sampah. “Pendangkalan sungai terus berlangsung, kalau sungai dangkal menyebabkan air meluap,” katanya.

Dijelaskannya, saat ini sampah masih saja dibuang ke sungai. Terutama kata dia, sampah rumah tangga. “Dengan kerja bakti ini sekaligus membangun kesadaran warga agar tidak membuang sampah di sungai. Kegiatan ini untuk antisipasi banjir dan mencipatakan sungai yang bersih,” kata Cahyo.

Khusus penanaman pohon pelindung kata dia untuk antisipasi longsor. 750 pohon yang ditanam kemarin merupakan sumbangan warga. “Bibit sumbangan bapak Sukari Arif, warga yang peduli lingkungan,” katanya.

Kerja bakti membersihkan sungai sebut Cahyo dimulai dari kelurahan Sisir. Dia berharap kegiatan ini terus dilakukan dan diikuti wilayah lain.

Lurah Sisir, Arief AS Sidiq menambahkan, kerja bakti kemarin digelar serentak diseluruh wilayah Sisir. “Terutama di Sungai Brantas, Sungai Brantas Utara dan Selatan serta Sungai Prambatan,” kata Arief.
Ia berharap melalui kerjabakti itu, kesadaran warga untuk tidak membuang sampah di sungai semakin meningkat. “Sekarang, kesadaran warga untuk tidak membuang sampah di sungai sudah meningkat. Ini harus terus digalakan dan ditingkatkan lagi,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Eddy Rumpoko yang ikut membersihkan sungai Brantas di RW 11, Sisir, efektif menggerakan semangat warga. Ramai-ramai warga turun ke sungai ikut kerja bakti.

Orang pertama di Pemkot Batu itu meminta supaya warga tidak lagi membuang sampah di sungai. Dia mengingatkan hal ini karena menurutnya, kebanyakan sungai di Batu masih digunakan untuk membuang sampah. (van/eno) (Vandri van Battu/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s