HUT Kabupaten Malang ke 1248, Diawali Napak Tilas Bersepeda

Berbagai sepeda unik dan kuno saat berangkat dalam Napak Tilas Sepeda Budaya di pendopo Kabupaten Malang, kemarin. (Istimewa/Malang Post)

Berbagai sepeda unik dan kuno saat berangkat dalam Napak Tilas Sepeda Budaya di pendopo Kabupaten Malang, kemarin. (Istimewa/Malang Post)


Rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1248 terus bergulir. Ratusan bikers diberangkat Bupati Malang Sujud Pribadi dari halaman pendopo, kemarin. Mereka adalah peserta Napak Tilas Sepeda Budaya yang bakal berparade menuju Singhasari Resident.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 500 sepeda yang 250 diantaranya didominasi sepeda kuno dari komunitas Sepeda Onthel Malang Selatan. Kegiatan itu juga diikuti oleh para Kepala SKPD serta perwakilan dari Perguruan Tinggi dan anggota masyarakat yang lain. Diharapkan nakap tilas itu mampu mengembalikan budaya naik sepeda sambil mengagumi peninggalan budaya di Kabupaten Malang.

“Ini adalah kegiatan napak tilas budaya, untuk melestarikan budaya naik sepeda sekaligus mengangkat peninggalan budaya di Kabupaten Malang,” ujar Ketua Panitia Napak Tilas Budaya Sugianto.

Berbagai jenis Sepeda muncul dalam Napak Tilas tersebut, mulai dari peninggalan jaman penjajah hingga model sepeda keluaran terbaru. Malah banyak juga sepeda modifikasi yang bentuknya membuat decak kagum banyak pihak. Salah satunya sepeda onthel model tingkat yang ketinggiannya mencapai 2 meteran.

Untuk menaiki Sepeda tersebut maka biker terlebih dulu ‘mancik’ di keranka besi sepeda. Lantas dia menaiki bodi sepeda yang saat dipegangi rekan-rekan lainnya. Disamping sepeda unik tersebut banyak juga peserta lanjut usia yang masih kuat mengayuh sepeda kuno.

“Jarak tempuh napak tilas ini lebih dari 10 km, nanti juga ada kerjabakti di jalan Klampok,” imbuh Sugianto.

Para peserta Napak tilas dilepas oleh Sujud Pribadi didampingi Wakil Bupati Rendra Kresna dan Plt. Sekdakab Abdul Malik. Sujud Pribadi bakal merangkul komunitas Sepeda Onthel Malang Selatan dengan mengatakan, komunitas sepeda harus mampu menurunkan angka Golput di Kabupaten Malang,
“Angka Golput di Kabupaten Malang cukup tinggi, saya harap komunitas sepeda onthel ini turut membantu menguranginya,” kata Sujud disambut tepuk tangan para peserta.(ary/eno)
(Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

1 Komentar

Filed under Kabupaten Malang, Malang

One response to “HUT Kabupaten Malang ke 1248, Diawali Napak Tilas Bersepeda

  1. kok nggak undang-2 kita..??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s