Kasus Beku, Kapolresta Digugat

Status Legowo Setiarto, warga Jalan Mawar I/35 Malang, terkatung-katung lantaran sejak lima tahun ini perkaranya yang disidik di Mapolresta Malang, tak kunjung mempunyai kepastian hukum alias digantung. Itulah yang mendorongnya menggugat Kapolresta Malang, AKBP Drs Atang Herardi, lewat Praperadilan.

Gugatan praperadilan itu sendiri, pagi kemarin sudah didaftarkan kuasa hukum Legowo, yakni advokat Sumardhan, SH dan Eka Susanti, SH ke Panitera Muda (Pamud) Pidana PN Kota Malang. “Karena ini praperadilan, maka persidangannya berlangsung cepat. Yakni mulai digelar Rabu lusa (besok),’’terang Totok Subiyakto, SH, Pamud Pidana PN Kota Malang.

“Bayangkan, klien kami yang diperkarakan mencuri 2 karung tembakau, kemudian disidik jadi tersangka tanpa bukti yang cukup. Namun selama lima tahun, kasusnya ngambang tak pernah diajukan ke kejaksaan maupun kejelasan perkaranya. Padahal, di tempat kerjanya dia sudah di PHK tanpa pesangon, namanya tercemar dan jadi pergunjingan masyarakat,’’urai Sumardhan.

Pokok perkara itu sendiri, 5 Pebruari 2003 Legowo yang bekerja sebagai karyawan PT Batu Kumala (sekarang PT Batu Karang) oleh Deny Wibisono direktur perusahaan pabrik rokok di Desa Parangargo, Wagir itu, diperkarakan mencuri tembakau tersebut. Lantas, penyidik Polresta Malang, pada 15 dan 18 Maret 2003 menyidik Legowo sebagai tersangka.

Namun sampai praperadilan tersebut diajukan ke pengadilan, ternyata status Legowo sebagai tersangka, benar-benar tak jelas dan tak kunjung dilimpahkan ke jaksa. ‘’ Jika memang dalam perkara itu penyidik sudah menemukan alat bukti yang cukup, semestika segerah diajukan ke jaksa untuk disidangkan. Sebaliknya, jika tak ditemukan bukti cukup, seharusnya juga diterbitkan SP3 (Surat Penghentian Penyidikan Perkara). Faktanya perkara itu malah dipeti-eskan,” pungkasnya. (sit/lyo)
(sigit rokhmand/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s