Kasus Ulfa-Syekh Puji Disinggung dalam Seminar

Dr H Sunyono dalam gelaran seminar nasional Pendidikan dan Pembudayaan Nilai Pancasila di Sasana Kridha Universitas Negeri (Lailatul Rosida/Malang Post)

Dr H Sunyono dalam gelaran seminar nasional Pendidikan dan Pembudayaan Nilai Pancasila di Sasana Kridha Universitas Negeri (Lailatul Rosida/Malang Post)

Kasus Syekh Puji yang menikahi Ulfa, gadis dibawah umur menjadi topik hangat dalam Seminar Nasional Pendidikan dan Pembudayaan Nilai Pancasila dengan prioritas program pemberdayaan anak di Sasana Kridha Universitas Negeri Malang (UM) Sabtu (22/11). Untuk menghindari kasus serupa terjadi di daerah lain, perlu dibentuk Forum Anak di kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, minimal bisa dilakukan tindakan preventifnya.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jawa Timur, Dr H Sunyono SH MSi saat gelaran seminar nasional tersebut. “Saat ini kami sudah mulai merintis telepon sahabat anak, diharapkan menjadi fasilitas untuk memberikan ruang terciptanya hak anak,” ungkap Sunyono.

Selain itu, kehadiran semacam forum anak sangat dibutuhkan saat ini. Sebab, Perda yang ada di tiap daerah belum banyak menyentuh hal-hal paling mendasar mengenai hak anak. Karena itu, esensi menggali potensi anak tidak bisa dilepaskan dari upaya penggalian lebih dalam potensi daerah untuk menggali nilai lokal yang ada.

Sementara itu, Ketua Panitia Seminar Ahmad Samawi M.Hum menuturkan, seminar itu mencoba mengingatkan kembali pentingnya nilai Pancasila untuk ditanamkan lebih dalam kepada anak didik di sekolah. Wawasan ini penting dikuasai para dosen dan juga guru yang mempunyai peran besar mencetak anak-anak generasi penerus bangsa.

“Anak adalah sumberdaya manusia yang menjadi investasi, mereka punya kehidupan yang penting untuk bangsa dan negara,” kata Ketua Departemen Filsafat dan Agama Lab Pancasila UM ini. (oci/udi)
(Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s