Pemkot Batu Segera Benahi Alun Alun

alun-alun-batu1Wajah alun alun Batu segera berubah. Tahun depan, Pemkot Batu akan merenovasi alun alun itu menjadi ruang terbuka yang lebih nyaman bagi warga sekitar.

Kadis Pemukiman dan Bina Marga Kota Batu, Ir Budi Santoso MS mengatakan, desain wajah baru alun alun sudah jadi. Sekarang, hanya menunggu waktu untuk dimulainya penataan ulang alun alun.
Begitu juga dana pembangunannya telah dialokasikan di tahun anggaran 2009. Jumlah anggaran keseluruhan sebesar Rp 17 Miliar.

“Paling lambat, penataan sudah dimulai Maret 2009 dengan masa pengerjaan sekitar tujuh bulan,” kata Tosi-sapaan akrab Budi Santoso kepada Malang Post, Jumat (21/11) lalu.

Lebih lanjut Tosi menjelaskan, saat ini kondisi alun alun masih semrawut. Kondisi kurang tertata itu menyebabkan warga kurang nyaman saat bersantai di alun alun.

“Karena itu, akan kita tata lebih artistik dari kondisi saat ini. Konturnya akan dirubah, jaringan jalan dalam alun alun akan ditata ulang sehingga memberi kenyamanan bagi masyarakat,” paparnya.
Secara umum, selain konsep pembenahan alun alun difungsikan sebagai ruang terbuka, juga menjadi tempat bermain. Karena itu, tempat bermain untuk anak-anak bakal dibangun. Selain itu, sejumlah tempat duduk yang lebih nyaman juga akan dibangun sesuai kondisi alun alun.

Agar lebih nyaman, jaringan listrik yang ada di alun alun juga dirombak. “Jaringan listrik dibuat menjadi jaringan listrik bawah tanah,” kata dia. Agar aman bagi warga, sistem jaringan listrik bawah tanah yang dibangun pun lebih mengutamakan keamanan bagi warga. “Jaringan listrik bawah tanah dibuat lebih bagus sehingga tidak berbahaya,” sambungnya.

Sejumlah warga yang bersantai di alun alun saat ditemui kemarin pagi berharap ada penataan ulang. Selain tempat duduk, menurut sejumlah warga, tanaman dan lampu hias sebaiknya dirombak.
“Sebaiknya PKL tidak masuk sampai ke dalam alun alun. Air mancurnya dibuat yang lebih bagus. Tanaman hias juga ditambah,” kata Priyo, warga Beji saat ditemui di alun alun, kemarin pagi.(van/eno) (Vandri van Battu/malangpost)

Iklan

1 Komentar

Filed under Batu

One response to “Pemkot Batu Segera Benahi Alun Alun

  1. faizal

    tolong ya pak sebagai warga asli batu…saya usul bandwith hotspotnya diperbesar. Supaya nyaman kalo dipake browsing biar jadi salah satu icon kebanggan batu. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s