Pendaftar CPNS Batu Tembus 5041 Orang

Petugas menverifikasi kelengkapan berkas para pelamar CPNS Batu. (VANDRI VAN BATTU/MALANG POST)

Petugas menverifikasi kelengkapan berkas para pelamar CPNS Batu. (VANDRI VAN BATTU/MALANG POST)

Menjelang penutupan pendaftaran CPNS Pemkot Batu, 404 berkas pendaftar dinyatakan tak memenuhi syarat. Sementara sampai kemarin siang menjelang penutupan pendaftaran CPNS, tercatat 5041 pencari kerja telah mengajukan lamaran untuk berebut 302 formasi CPNS yang dibutuhkan Pemkot Batu.
Sampai berita ini diturunkan, jumlah pendaftar CPNS Pemkot Batu melalui kantor Pos belum ditutup.

Karena itu, jumlah pendaftar dan jumlah berkas yang tak memenuhi syarat diperkirakan bisa bertambah.
Koordinator verifikasi berkas panitia tes CPNS Pemkot Batu, M Syamsul Bahri MM, kemarin mengatakan 404 berkas yang tak memenuhi syarat itu masih sedang diteliti lagi. Ini karena panitia masih memberi kesempatan kepada pendaftar yang berkasnya tak lengkap untuk diperbaiki.

“Kekurangan yang bisa diperbaiki akan kami sampaikan untuk diperbaiki. Kita memberi waktu dua hari untuk melengkapi berkas, yakni hari Kamis dan Jumat pekan ini,” jelas Syamsul.

Lebih lanjut dia menjelaskan, berkas yang bisa diperbaiki yakni yang tingkat ketidaklengkapannya tidak fatal dan bisa ditoleransi. Misalnya tidak ada stempel kedinasan. Sedangkan berkas yang tidak bisa ditoleransi untuk perbaikan yakni yang bersifat fatal. Misalnya, ketidaksesuaian ijazah dengan formasi yang dibutuhkan, usia di atas 35 tahun dan tak punya pengalaman mengabdi di instansi pemerintah serta swasta berbadan hukum.

Dipastikannya, pelamar yang berkasnnya tidak memenuhi syarat namun ditoleransi untuk perbaikan akan diberitahu secara resmi. “Sekarang masih diperiksa mana saja yang bisa ditoleransi dan tidak ditoleransi,” jelasnya. Untuk sementara lanjut Syamsul yang juga Kasubag Mutasi ini menjelaskan, rata-rata yang tidak memenuhi syarat berasal dari formasi tenaga teknis. “Jumlahnya sekitar 60 persen,” kata dia.

Sementara itu, sampai kemarin pagi jumlah pelamar CPNS paling didominasi untuk tenaga teknis. Jumlah pendaftarnya mencapai 3176 orang, padahal formasi yang disediakan hanya 44 orang. Sedangkan untuk tenaga pendidik, jumlah pendaftar sementara sebanyak 1513 orang. Formasi pendidik yang disediakan tahun ini 216 orang. Sedangkan pendaftar untuk tenaga kesehatan sebanyak 352 orang, formasi yang disediakan untuk tenaga kesehatan sebanyak 42 orang.

Ditemui secara terpisah, Kepala Kantor Pos Batu, Dwi Sudarsono mengatakan, penutupan pendaftaran berakhir sampai tadi malam. “Sebenarnya penutupan pendaftaran pada jam 14.00 WIB, tapi kami masih toleransi sampai jam 15.30 WIB. Yang akan mendaftar setelah jam 15.30, kami arahkan untuk mendaftar melalui Kantor Pos Malang,” jelas Dwi saat ditemui dikantornya, kemarin sore.(van/lim) (Vandri van Battu/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s