Sementara, DB Menurun Drastis

Untuk sementara Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang bisa bernafas legas. Pasalnya, musim hujan tahun ini angka kematian manusia karena Deman Berdarah Dengue (DBD) turun drastis pada tahun ini, dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada tahun 2007 lalu jumlah kasus DBD mulai awal Januari sampai Desember sebanyak 1030 kasus, dengan angka kematian 26 orang. Sedangkan tahun ini sampai Oktober, jumlah kasus sebanyak 302 dan dengan angka kematian sembilan orang.

“Dari perbandingan jumlah kasus tersebut, sudah sangat jelas bahwa 80 persen kasus DBD sudah berhasil kami tekan,” ungkap Kadinkes Kabupetan Malang dr Agus Wahyu Arifin kepada Malang Post. Selain kasus DBD, lanjut Agus, kasus malaria yang selama ini menghantui masyarakat Kabupaten Malang juga berhasil ditekan. Yaitu dari tahun sebelumnya ada 63 kasus, saat ini menjadi 49 kasus.
“Begitu juga dengan kasus diare di Kabupaten Malang ini. Kami juga berhasil menekan sampai 40 persen,” terangnya.

Suksesnya menekan penyakit mematikan itu, menurutnya tak dari program kerjasama antara pihak Dinkes dengan Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Malang. Yaitu dengan memberikan bantuan alat fogging, sekaligus pelatihannya.

Ada tujuh Ponpes yang sudah mendapatkan bantuan alat fogging itu. Yaitu Ponpes yang berada di daerah endemi DBD. Diantaranya, Ponpes Anadiyah Karangploso, Al Munawariyah dan An Nur Bululawang, Salawiyah Kasembon, Nurul Huda Singosari dan At Taufiq Dau.

Sementara, meski penyakit mematikan DBD di Kabupaten Malang, sudah berhasil diatasi, namun bukan berarti masyarakat tidak harus waspada. Sebaliknya masyarakat tetap harus was-was dengan penyakit mematikan itu. Terutama di daerah endemi DBD yang subur. “Sebab sekali lengah maka bukan tidak mustahif akan terkena DB,” tambahnya.(agp/eno)
(agung Priyo/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s