Verifikasi Berkas CPNS lewat Dua Tim

Meski penutupan pendaftaran CPNS dilakukan 20 November lalu, namun hingga saat ini belum diketahui berapa jumlah yang tidak memenuhi syarat. Sedangkan total pendaftar mencapai 13.569 orang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Malang Tulus Hariyanto mengatakan, saat ini masih dilakukan seleksi kelengkapan administrasi persyaratan yang telah dikirim lewat kantor pos. Untuk menyeleksi berkas sebanyak itu, panitia membentuk dua tim, yakni tim klasifikasi dan tim seleksi.

Seperti diketahui, total kuota CPNS tahun ini sebanyak 639 kursi. Dari jumlah itu, untuk jalur umum guru sebanyak 259 orang, jalur umum tenaga kesehatan 73, dan jalur umum tenaga teknis 47. Sedangkan jalur tenaga honorer 198, dan sekdes sebanyak 62 orang.

Tulus mengatakan, untuk tim klasifikasi akan memilah-milah berkas dan memeriksa kelengkapan persyaratan. Berikutnya, hasil pendataan itu dilimpahkan ke tim seleksi. “Tim kedua ini terdiri dari dinas kesehatan, BKD, dan dinas pendidikan,” ujarnya.

Menurut Tulus, belum tentu dari hasil tim klasifikasi sesuai dengan hasil seleksi yang dilakukan tim seleksi. Bisa saja berkas yang dianggap tidak memenuhi syarat (TMS) oleh tim klasifikasi dianggap memenuhi sarat oleh tim seleksi.

Menurut Tulus, adanya dua filter tersebut dimaksudkan untuk kehati-hatian. Panitia seleksi tidak ingin kecolongan ada berkas yang tidak sesuai tetapi lolos dan ikut ujian. Karena, jika hal semacam itu terjadi, maka akan menyulitkan pemberkasan di kemudian hari.

Untuk itu, dua tim ini akan memelototi persyaratan, mulai dari identitas, riwayat pendidikan, dan kesesuaian pendidikan dengan yang dibutuhkan. Dari penelitian berkas sementara, ditemukan ada beberapa yang tidak memenuhi persyaratan.

Untuk sementara, berkas yang TMS ditumpuk di lemari khusus yang telah disiapkan panitia seleksi. Selanjutnya, berkas yang belum lengkap akan dikonfirmasikan kepada pendaftar. Jika mungkin dilengkapi, maka pendaftar diminta melengkapinya. Tetapi, jika kesalahannya terlalu fatal akan dicoret. “Bagi yang sudah lengkap akan dikiriman surat balasan berupa pemberitahuan untuk tes dan nomor tes,” ujarnya. Sementara, Manager Marketing Kantor Pos Malang Imam Syafi’i menjelaskan, petugas kantor pos akan siap mengantar langsung surat balasan dari BKD kepada pendaftar. “Khusus untuk balasan ini petugas kami yang akan datang langsung ke rumahnya,” kata.

Hal tersebut beda dengan surat biasa. Untuk wilayah yang jauh, biasanya dititipkan di kantor desa. Sedangkan pengiriman surat balasan ini, kantor pos mengerahkan tak kurang dari 160 tenaga untuk wilayah Malang Raya melalui 37 Kantor Pos. (lid/ziz/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s