Yakinkan Publik, Anak Heriani Sebar Fotokopian Fakta

Meyakinkan publik bahwa ibunya tak bersalah, kemarin pagi Dedy Herdianto menyebarkan 200-an fotokopian rekapitulasi pengembalian dana bantuan parpol Kota Batu. Ia adalah putra sulung mantan Kepala Bagian Kesra Heriani yang menjadi tersangka kasus bantuan dana partai Politik Kota Batu. Saat ini Heriani di tahan di Lapas Wanita Lowokwaru.

Sementara Kejari Batu memastikan pekan ini menyerahkan berkas pemeriksaan kepada penuntut kejaksaan agar secepatnya dilimpahkan di pengadilan.

Ratusan fotokopian rekapitulasi pengembalian dana bantuan parpol itu disebarkan diberbagai penjuru kota apel. Selebaran itu, kata Dedy, dititipkan kepada penjual koran untuk dibagi-bagikan.
“Ini fakta, biar semua tahu tentang faktanya yang sebenarnya bahwa tidak ada satu rupiah pun yang diterima ibu saya,” kata Dedy saat ditemui di Kejari Batu, kemarin siang.

Dijelaskannya, selebaran yang dibagi-bagikan itu merupakan rekapitulasi lengkap dengan tandatangan pengurus parpol yang telah mengembalikan dana bantuan parpol. Selain itu, kemarin, Dedy menandaskan bahwa sebenarnya ibunya hanya menjalankan perintah pimpinannya saja.
Subiantoro, suami Heriani juga mempertanyakan unsur pidana dalam kasus yang dialami istrinya. Pasalnya, selain tidak memiliki kewenangan dalam pencairan anggaran, perintah BPK untuk mengembalikan bantuan parpol sudah dilakukan.

Untuk diketahui, Heriani tersangkut kasus dugaan kelebihan bantuan parpol sebesar Rp 155 Juta pada tahun 2005. Saat itu, dia menjabat Kabag Kesra Pemkot Batu. Namun parpol yang menerima bantuan dana sudah mengembalikannya sebesar Rp 153 juta. Sedangkan Rp 2 Juta belum dikembalikan oleh PPP.

Kemarin siang, di Kejari Batu, Subiantoro juga menerima pengembalian berkas perkara dari Wahab Adinegoro, mantan kuasa hukum Heriani. Informasi pencabutan kuasa hukum disampaikan secara resmi oleh Subiantoro pada Minggu (23/11). “Untuk pengganti kuasa hukum masih dibicarakan dalam keluarga. Besok, sudah diketahui,” katanya.

Sementara Wahab tidak mempersoalkan pergantian dirinya sebagai kuasa hukum. Dia legowo dan menghormati keputusan Subiantoro. “Saya sudah mengetahui. Sekarang akan saya serahkan berkas perkara kepada Pak Subiantoro,” kata Wahab saat ditemui di Kejari Batu, kemarin.

Kasi Pidsus Kejari Batu, Dody Sukmono SH menjelaskan, kini pihaknya sedang melakukan pemberkasan perkara Heriani. “Dalam minggu ini dilimpahkan ke penuntut umum. Setelah itu membuat surat dakwaan,” kata Dody sembari mengatakan secepatnya berkas kasus diserahkan ke pengadilan.(van/eno)
(Vandri van Battu/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s