Malang Jajaki Kerjasama Jadi Sister City Dengan Hongaria dan Prancis

Wali Kota Malang, Drs Peni Suparto saat menemui tamu dari Prancis, Christian Gaujac, di gedung balai kota, siang kemarin. (NOER ADINDA ZAENI/MALANG POST)

Wali Kota Malang, Drs Peni Suparto saat menemui tamu dari Prancis, Christian Gaujac, di gedung balai kota, siang kemarin. (NOER ADINDA ZAENI/MALANG POST)

Sebuah langkah cerdas diambil Pemkot Malang menyikapi penurunan DAU-DAK yang akan diterima di tahun 2009 mendatang. Upaya nyata yang akan dilakukan oleh Pemkot Malang adalah menjalin komunikasi dan kerjasama dengan dunia luar. Hongaria menjadi sasaran pertama Pemkot Malang untuk menjalin kerja sama. Kabag Humas Pemkot Malang, Dr. Ir. Drs. Jarot E. Sulistyono M.Si mengatakan, dalam kunjungan ke Kedubes Hongaria akhir pekan lalu, Wali Kota Malang menemukan salah satu kota di Hongaria, Kota Pert yang memiliki konsep pembangunan yang sama dengan Kota Malang, yakni tri bina cita.

“Kota tersebut akan kita jadikan sebagai sister city untuk Kota Malang sebagai acuan pembangunan di sektor pendidikan, pariwisata dan industri. Termasuk pembangunan e-government yang dapat menjadi solusi untuk mencari dana hibah yang bisa datang dan bermanfaat bagi pembangunan di Kota Malang,” ungkap pria yang akrab disapa Jarot ini pada Malang Post, kemarin.

Negara lainnya yang juga dijajaki kerjasama oleh Pemkot Malang adalah Prancis. Penjajakan kerjasama tersebut diawali dalam pertemuan antara wali kota dengan pimpinan Pusat Kebudayaan Perancis atau Central Culturel et de Cooperation Linguistique (CCCL), Christian Gaujac, siang kemarin.

Setelah melakukan pembicaraan dengan Christian Gaujac, Inep, sapaannya yang saat itu didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dr. HM. Shofwan MSi, dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Malang Drs. Pait Al-Wiyono SH, mengatakan siap bekerjasama dengan pihak manapun untuk kepentingan Kota Malang. “Semakin banyak kerjasama yang dilakukan, maka akan semakin bagus untuk kemajuan Kota Malang,” ungkap Inep.

Christian Gaujac sendiri mengaku Kota Malang adalah salah satu kota yang sangat terbuka untuk menjalin kerjasama. Kota Malang juga dipandang memiliki budaya yang bagus dan pendidikan yang maju. Terbukti ada salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan bahasa Prancis. “Karena alasan itu, kami tertarik untuk melakukan kerjasama dengan Pemkot Malang,” ujar Christian Gaujac.

Bentuk dari kerjasama ini nantinya bisa bermacam-macam. Salah satunya bisa berupa program beasiswa untuk mahasiswa jurusan bahasa Prancis agar bisa melanjutkan pendidikan di Prancis. Selain Hongaria dan Prancis, Belanda juga menjadi negara yang akan dijadikan patner kerjasama. Bahkan dalam waktu dekat ini, pemkot malang akan bertolak ke negeri tulip itu untuk meneruskan kerjasama pengelolaan gas metan. Di Kota Malang, pengelolaan gas metan ini sudah dilakukan di TPA Supit Urang. (nda/lim) (Adinda Zaeni/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s