Ribuan Formulir Pendaftar CPNS Mulai Diseleksi

Staff Badan Kepegawaian Daerah sibuk menyeleksi ribuan Formulir pelamar CPNS Pemkab Malang formasi tahun 2008, kemarin. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)

Staff Badan Kepegawaian Daerah sibuk menyeleksi ribuan Formulir pelamar CPNS Pemkab Malang formasi tahun 2008, kemarin. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)


Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Kabupaten Malang mulai sibuk menyeleksi berkas pelamar CPNS formasi Tahun 2008. Jumlah berkas lamaran yang masuk mencapai 13.569 lembar dari total formulir yang disiapkan BKD sebanyak 15 ribu lembar. Ribuan berkas tersebut diverifikasi untuk menentukan kategori TMS (Tidak Memenuhi Syarat) atau MS (Memenuhi Syarat).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Tulus Haryanto mengatakan, pelamar CPNS dinyatakan gugur ketika berkasnya masuk kategori TMS. Sehingga, secara otomatis yang bersangkutan tidak bisa mengikuti tahap seleksi selanjutnya, yaitu tes tulis. Menurut Tulus, berkas dinyatakan TMS ketika tidak sesuai dengan disiplin ilmu yang dibutuhkan atau IPK (Indek Prestasi Kumulatif) dibawah standar yang ditetapkan.

“Berkas yang TMS maupun MS akan dikembalikan ke Kantor Pos, untuk selanjutnya dikirim ke alamat para pelamar,” ungkap Tulus yang masih berada di Jakarta saat dihubungi Malang Post, kemarin.
Mantan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Desa itu menambahkan, BKD bakal melampirkan nomor tes untuk berkas pelamar yang masuk kategori MS. Kata dia, berkas-berkas lamaran menjalani dua kali verifikasi, yaitu oleh panitia rekruitmen dan tim inti Sekdakab dari Inspektorat, Dinas Pendidikan, Bagian Hukum, Dinas Kesehatan dan BKD.

“Berkas yang dikirim via pos, bagi pelamar yang lolos atau dinyatakan MS langsung mendapat nomor tes tulis,” ujarnya.

Menurut Tulus, beberapa formulir yang dikategorikan TMS sempat dimasukkan dalam daftar MS. Kata Tulus, hal itu terjadi karena faktor human error, pasalnya jumlah formulir mencapai ribuan. Ribuan Pelamar yang lolos seleksi administrasi bakal memperebutkan kuota CPNS Tenaga Guru sebanyak 259, tenaga kesehatan sebanyak 73 dan tenaga teknis sebanyak 47.

“Saya targetkan Rabu pagi nanti sudah bisa mengetahui jumah berkas TMS dan MS, saat ini masih diverifikasi teman-teman (staff BKD),” pungkas Tulus.(ary/eno)
(Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s