10 Calon Anggota KPU Ditetapkan

Tim Seleksi Anggota KPU Kota Malang, akhirnya menyelesaikan tugas yang diembannya. Kemarin, tim seleksi telah menetapkan 10 orang calon anggota KPU yang telah lolos seleksi psikotest dan test wawancara beberapa waktu lalu. Penetapan 10 calon anggota KPU itu menandai berakhirnya tugas tim seleksi.

Dari 10 orang calon anggota KPU yang ditetapkan tim seleksi, tiga diantaranya tercatat masih menjabat sebagai anggota KPU Kota Malang hingga saat ini, ketiganya antara lain, Hendry, M. Fatich dan Wahyu Ida Herawati. Sedangkan, anggota KPU lainnya yang ikut kembali mencalonkan diri, Suwarno tidak lolos dalam psikotest dan test wawancara. Tim seleksi menetapkan 10 orang dari 20 orang calon anggota KPU yang telah mengikuti psiko test dan wawancara beberapa waktu lalu.

“10 nama calon anggota KPU Kota Malang itu langsung kami sampaikan ke KPU Provinsi Jatim. Tugas kami hanya menyelekasi hingga 10 besar calon anggota KPU,” kata H. Husnun N Djuraid, Sekretaris Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kota Malang kepada Malang Post, kemarin.

Siapa lima nama anggota KPU Kota Malang yang akan menjabat sebagai anggota KPU lima tahun kedepan tidak ditentukan tim seleksi. Lima nama itu akan ditetapkan KPU Jatim setelah melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) kepada 10 nama calon anggota KPU yang telah lolos seleksi oleh tim seleksi yang ada di kota dan kabupaten masing-masing daerah.

Kapan akan dilakukan fit and proper test, semuanya menjadi kewenangan KPU Jatim yang akan melakukannya. Tim seleksi calon anggota KPU Kota Malang hanya mengantarkan hingga 10 besar calon anggota KPU ke KPU Jatim. “Fit and proper test akan dilakukan KPU Jatim, tidak dilakukan tim seleksi lagi,” tambahnya.

Lolosnya 10 orang calon anggota KPU Kota Malang setelah melalui proses seleksi yang cukup panjang, mulai dari verifikasi administrasi, ujian tulis, psikotest dan terakhir wawancara. Psikotest dilakukan bekerjasama dengan kalangan perguruan tinggi. Hasilnya sesuai dengan penilaian yang telah dilakukan perguruan tinggi tersebut. Karena penilaiannya memerlukan waktu yang cukup, penetapan 10 orang calon anggota KPU harus menunggu hasil psikotest tersebut.

Ke-10 nama calon anggota KPU Kota Malang yang lolos antara lain, M. Fatich, Alim Mustofa, Duriyat Suharyadi, Gunawan, Hendry, Imam Prahitna, Prasetyawan, Rusmi Fahrizal Rustam, Wahyu Ida Herawati dan Zaenudin. (aim/udi) (Muhaimin/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s