1.961 Peserta Ikuti Ujian CPNS Deptan

Peserta tulis CPNS di lingkungan Deptan Wilayah Jatim di GOR Ken Arok Kedungkandang, kemarin. (MUFLIKH FARID/MALANG POST)

Peserta tulis CPNS di lingkungan Deptan Wilayah Jatim di GOR Ken Arok Kedungkandang, kemarin. (MUFLIKH FARID/MALANG POST)


Sebanyak 1.961 peserta mengikuti tes tulis untuk mengisi lowongan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Departemen Pertanian (Deptan) Wilayah Jatim pada Rabu (26/11) kemarin di GOR Ken Arok Kedungkandang, Malang. Satu dari tiga tahapan test yang juga diselenggarakan di 29 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Provinsi lainnya di seluruh Indonesia itu, diikuti peserta yang berdatangan dari 398 kabupaten/kota se Jatim.

“Mereka yang lolos di tiga tahapan test, tertulis, wawancara, dan psikotest tidak ditentukan berdasarkan kuota per provinsi, tetapi secara nasional. Total peserta test rekruitmen tahun anggaran 2008 di 30 Provinsi di tanah air adalah 28.351 orang dan yang diterima hanya 1,3 persen atau 375 tempat. Dengan perhitungan 1 berbanding 78 peserta test untuk memperebutkan satu jatah lulus,” kata Penanggungjawab Test CPSN Deptan Wilayah Jatim, Dr. Ir. Herniaty, MSc kepada Malang Post, kemarin.

Menurutnya, tujuan rekrutmen itu mencari tenaga-tenaga yang berkompeten di bidangnya, berwawasan luas, bermoral dan berdedikasi tinggi untuk bergabung menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Departemen Pertanian dalam membangun pertanian Indonesia yang berkelanjutan. “Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi formasi PNS di Departemen Pertanian adalah minimal D III. Untuk Jatim, dari 1.961 orang mengikuti test tertulis, 151 berpendidikan S2, dan 1.772 berlatar belakang pendidikan S1, serta 38 lulusan DIII,” imbuhnya.

Para peserta itu, melakukan pendaftaran melalui situs web Pendaftaran Online CPNS Deptan. Dikatakan, hasil test tetulis baru diketahui sebulan ke depan setelah melalui pengolahan data di Deptan RI Jakarta. “Tim pengawas test tertulis., agar tranparan dan obyektif, berasal dari kalangan, seperti Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Malang (STPP), Inspektorat Jenderal Deptan Pusat, Deptan Pemprov Jatim, Biro Organisasi dan Kepegawaian Deptan Pusat, dan badan-badan lainnya di lingkungan Deptan Pusat,” tegasnya (nov/udi)
(Noval Lutfianto/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s