Idola Baru Tanaman Hias, Jual 2000 Puring Sekali Kirim

Setelah booming Anthurium usai, tanaman hias masih tetap diminati penggemarnya. (Lailatul Rosida/Malang Post)

Setelah booming Anthurium usai, tanaman hias masih tetap diminati penggemarnya. (Lailatul Rosida/Malang Post)


Rupanya krisis finansial tak mengubah hobi dan kecintaan seseorang terhadap bunga. Sehingga, meski krisis menerpa, stand bunga tetap laris manis saja. Seperti dialami Beauty Garden, salah satu stand tanaman hias yang ada di Arjosari. Primadona tanaman hias yang cukup mendongkrak penjualannya adalah jenis Puring.

Menurut Owner Beauty Garden, Johanes, puring banyak dikirim dalam jumlah besar ke Surabaya dan Bojonegoro. Biasanya pemesanananya sekaligus dalam partai antara 1000 hingga 2000 pohon untuk satu kali kirim.

“Bisnis tanaman hias tetap ramai, sebab sekarang orang sedang hobi memburu puring. Paling tidak, minimal setiap perumahan pasti memesan puring untuk dekorasinya,” ungkap Johanes.

Belakangan ini, kata dia permintaan Puring menunjukkan tren meningkat, seiring dengan makin bergairahnya pembangunan properti. Karena permintaan dalam jumlah banyak, maka petani akan memperoleh keuntungan yang lumayan juga. Hanya saja, setelah krisis memang sedikit menurun. Sebab, bisnis properti yang juga ikut lesu.

Harga puring yang dijual di Beauty Garden bermacam-macam, mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 450 ribu. Bentuknya pun beraneka jenis, seperti Puring Malang yang disilangkan di Malang dan banyak dicari pembeli. Tanaman jenis ini mudah perawatannya, karena jika terlalu banyak air tetap hidup, dan jika terlalu banyak terkena panas matahari warnanya pun semakin bagus.

Johanes yang ditemui di stand pameran di Dieng Plaza kemarin mengaku tetap optimis dengan bisnis ini. Pengalaman dari kejayaan Anthurium hingga tak lagi bergairah, pernah dialaminya. Tapi itu bukan menjadi kendala, sebab ada pengganti tanaman baru yang kini diburu orang. Ibarat mode, begitupun orang menyukai tanaman hias. Setiap saat selera pun bisa berubah. (oci/han)
(Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s