Poltekkes Gelar Pameran Gizi di Matos

I Dewa Nyoman Supariasa, MPS.

I Dewa Nyoman Supariasa, MPS.

Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Departemen Kesehatan (Depkes) Malang akan meng gelar Pameran Gizi dan Kesehatan. Acara tersebut digelar di Malang Town Square (Matos) pada 28 November besok. Dalam kegiatan yang bertajuk “Welcome To Healthy Life With Good Nutrition itu pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas konsultasi gratis hingga panduan makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, disediakan aneka makanan sehat yang bisa dikonsumsi masyarakat yang menderita penyakit tertentu. Seperti diabetes, jantung, hipertensi, asam urat, dan juga kolesterol.

Menurut Pembantu Direktur (Pudir) I Poltekkes Depkes Malang, I Dewa Nyoman Supariasa, MPS, acara itu merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan institusi dibawah Depkes.
“Masyarakat bisa datang ke acara ini dan memanfaatkan layanan yang kami berikan. Harapannya, tentu saja masyarakat tetap sehat dan bisa memilih makanan yang sesuai dengan kondisinya,” ungkapnya.
Dewa menuturkan, permasalahan gizi tidak hanya terbatas pada kalangan tertentu saja. Namun, sejak bayi dalam kandungan, ada unsur-unsur gizi yang dibutuhkan. Itu semua akan diinformasikan lengkap oleh mahasiswa dan dosen yang mendampingi selama pameran.

Selain itu, masyarakat bisa melakukan check kesehatan hingga mengukur kadar gula darah. Khusus pengukuran gula darah dikenakan biaya untuk alat testernya. Ditambahkan, pepatah yang mengatakan You Are What You Eat, menggambarkan bahwa jika ingin sehat harus menjaga pola makan. Sementara bagi anak-anak, jika ingin memoliki anak yang cerdas, harus memperhatikan gizinya terutama pada usia emas yaitu hingga 18 bulan.

Sementara itu, Sie Publikasi Acara, Ema menuturkan, pameran gizi ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi masyarakat, khususnya pengetahuan yang berhubungan dengan gizi, dengan tujuan mampu mengubah pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat dalam menyikapi berbagai fenomena masalah gizi yang timbul di Indonesia melalui berbagai macam informasi pendidikan, penyuluhan dan konsultasi. Pengetahuan gizi dapat dikembangkan dengan meningkatkan kesadaran gizi masyarakat. Untuk itu dibutuhkan upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat salah satunya melalui pameran gizi.

“Pameran gizi ini berorientasi pada display dan galeri produk gizi, gambar atau foto serta poster yang bertemakan seputar gizi. Selain itu, ada jasa pelayanan konsultasi gizi, pemeriksaan antropometri seperti berat badan, tinggi badan, lingkar lengan atas, lingkar kepala, lingkar perut hingga tebal lemak. Juga ada pemeriksaan tekanan darah dan gula darah tanpa dipungut biaya,” imbuhnya. (oci/sir) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s