ADD Tahap II Segera Cair

ADD (Alokasi Dana Desa) Tahap II untuk 378 Desa di Kabupaten Malang ditargetkan cair awal Desember nanti. Pencairan ADD Tahap II sempat macet karena pihak desa belum menyetorkan SPj (Surat Pertanggung Jawaban) ADD tahap I. Pantauan Malang Post, sekitar 80 persen penerima ADD Tahap I telah menyetorkan berkas SPj kepada Bagian tata Pemerintahan Desa (Tapemdes).

Kepala Bagian Tapemdes Nurman Ramdansyah menargetkan berkas SPj ADD Tahap I telah terkumpul 100 persen hingga akhir November nanti. Menurut Nurman, SPj adalah syarat penting dalam mekanisme pencairan ADD Tahap II. Untuk diketahui, dari total ADD senilai Rp 55 Miliar, 60 persen dana telah digelontor ke masing-masing desa.

“Saat ini SPj yang telah disetor mencapai 80 persen, target kita sampai akhir November sudah mencapai 100 persen,” ujar Nurman ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Ketika seluruh berkas telah terkumpul, kata Nurman, Bagian Tapemdes langsung menyerahkan permintaan pencairan kepada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA). DPPKA lantas mengirim dana tersebut ke rekening masing-masing bendahara Desa.

“Dana itu tidak lewat kita, namun langsung dari DPPKA, Tapemdes hanya sebagai supervisi,” kata Nurman.

Sementara itu, para staff Tapemdes sibuk menerima berkas SPj dari staff Kecamatan di Kabupaten Malang. Masing-masing staff kecamatan membawa tumpukan SPj dari berbagai desa dengan jumlah cukup banyak. Antrian penyetoran SPj, tersebut menurut Nurman bisa memakan waktu hingga pukul 4 sore.

“Kita juga kekurangan ruangan, seharusnya memang punya gudang sendiri untuk menumpuk berkas SPj,” pungkas Nurman.(ary/eno)
(Ary Wicaksono/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s