Masih Terserap di Bawah 90 Persen, APBD Terancam Tak Habis

Pemkot Batu mulai ketir-ketir tidak bisa menyerap APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah) 2008 seratus persen. Hingga akhir November ini, penyerapan anggaran masih di bawah 90 persen dari total APBD sebesar Rp 367 miliar.

Padahal, sisa waktu penyerapan anggaran tinggal 18 hari ke depan karena berakhir 15 Desember mendatang. Praktis, jika tidak bisa terserap semua, maka akan menjadi sisa lebih perhitungan tahun anggaran. ”Sampai saat ini penyerapannya memang belum maksimal,” kata Wakil Wali Kota Batu Ahmad Budiono siang kemarin.

Karena penyerapan anggarannya belum maksimal, Budiono telah mengingatkan para SKPD (satuan kerja pernagkat daerah) untuk segera memproses penyerapan anggaran. Sehingga, pada akhir tahun anggaran tidak banyak anggaran yang tidak terserap. ”Dalam setiap kesempatan kami selalu mengingatkan supaya dipercepat pencairannya,” katanya.

Budiono juga memprediksi tidak mungkin anggaran itu bisa terserap semua karena beberapa hal. Di antaranya, karena tidak dapat dilaksanakannya program itu pada tahun anggaran ini. Meski demikian, pemkot tetap berusaha agar anggaran yang sudah diplot bisa diserap.

Apa ada sanksi bagi SKPD? Budiono tidak bisa memastikan kebijakan itu. Hanya saja, jika ada SKPD yang tidak bisa menyerap anggaran, maka pemkot akan melakukan evaluasi terlebih dulu. Apakah karena memang secara teknis tidak bisa diselesaikan pada tahun anggaran ini atau karena yang lainnya.

Sebab, persoalan itu juga tidak bisa lepas dari pengesahan APBD maupun PAK (perubahan anggaran keuangan) yang molor. Akibatnya, banyak juga proyek yang baru dimulai pengerjaanya pada awal November.

Kepala Kasda Pemkot Batu Eny Rachyuningsih belum bisa menyebutkan berapa serapan anggaran yang saat ini dilakukan oleh SKPD. Karena, saat ini masih dilakukan validasi penyerapan anggaran. ”Senin depan kami baru bisa memberikan datanya,” katanya. Menurut dia, penyerapan anggaran pada akhir November ini ada trend penarikan yang lebih banyak dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Hal itu dikarenakan banyak proyek fisik yang dikerjakan menjelang akhir tahun anggaran. “Biasanya memang seperti ini. Apalagi, PAK kemarin juga ada kemoloran,” kata dia.

Eny juga juga tidak bisa memprediksi berapa sisa lebih perhitungan tahun anggaran pada tahun anggaran 2008 ini. Karena, saat ini masih dalam proses penyerapan dan perhitungan. Menurut dia, meskipun tidak terserap, dana itu tidak akan hilang. Karena, akan dimasukkan pada anggaran tahun berikutnya (yak/war/radarmalang)

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s