Penghijaun Kabupaten Pecahkan Rekor Muri

jalan-klampokGerakan menanam pohon yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia kemarin, juga dilakukan di Kabupaten Malang. Menariknya, acara yang digelar di Desa Tumpakrejo Kecamatan Kalipare kemarin berhasil memecahkan rekor MURI karena dihadiri lebih dari satu juta peserta. Banyaknya jumlah peserta itu, karena Sujud menginstruksikan kepada seluruh desa di Kabupaten Malang untuk memulai gerakan tanam pohon pada hari yang sama kemarin.

Sementara itu berdasarkan data dari Dinas Kehutanan Kabupaten Malang, hampir 80 persen hutan di Kabupaten Malang berstatus lahan kritis yang butuh penghijauan. Artinya hanya 30 persen dari luas keseluruhan Kabupaten Malang yang seluas 324 ribu hektare berstatus aman.

Bahkan, yang 80 persen kritis itu sangat berpotensi mengalami erosi atau tanah longsor akibat kikisan air hujan saat musim penghujan.

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Malang Zen Achmad mengatakan, sejak tahun 1997 Pemkab Malang telah melakukan perbaikan lahan milik masyarakat. Sekitar 20 ribu hektare lahan milik non pemerintah itu berhasil di hijaukan sampai sekarang. ”Jadi masih ada pekerjaan rumah lahan non asset sekitar 15 ribu hektare yang kritis,” ucap Zen disela-sela acara kemarin.

Untuk seluruh lahan kritis tersebut, saat gerakan tanam pohon kemarin disediakan 1,2 juta bibit pohon. Semuanya ditanam dan disebar ke seluruh Kecamatan di Kabupaten Malang. Per Kecamatan akan mendapatkan 4250 batang pohon yang berupa bibit pohon buah atupun pohon kayu.

Diharapkan, dengan kesadaran warga Kabupaten Malang mau menanam pohon di petak pekarangan mereka, Zen memperkirakan sekitar 5-6 tahun kedepan permasalahan lahan kritis akan dapat teratasi.
Zen sendiri menyebutkan, dana sekitar Rp 400 Juta telah dianggarkan Dinas Kehutanan untuk mendukung perbaikan lahan kritis.

”Kami juga menyediakan 100 ribu batang pohon ekstra di tahun 2009,” imbuhnya. Dikatakannya pula, walaupun dana tersebut dianggap belum memadai namun Zen mengaku akan mengoptimalkan dana terutama di bidang tenaga teknis dan bantuan alat untuk mengatasi masalah lahan kritis.

Sementara itu penghargaan dari MURI kemarin diserahkan langsung oleh Manager MURI Paulus Pangka kepada Bupati Sujud Pribadi. ”Kami memberikan penghargaan atas jumlah peserta terbanyak dalam kegiatan Kerja Bakti Paling Mantab,” ujar Paulus Pangka dalam sambutannya sesaat sebelum menyerahkan penghargaan kepada Sujud.(mp1/adv/eno)
(Redaksi/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s