Freddy, Antasari dan Suryadarma ke Tiga Kampus

di deretan kursi VIP terdapat Ketua KPK Antasari Azhar, yang sengaja hadir untuk menyaksikan wisuda putrinya Ajeng Oktarifka SP, alumni Fakultas Pertanian (ub/prasetya online)

di deretan kursi VIP terdapat Ketua KPK Antasari Azhar, yang sengaja hadir untuk menyaksikan wisuda putrinya Ajeng Oktarifka SP, alumni Fakultas Pertanian (ub/prasetya online)

Tiga orang pejabat negara kemarin datang ke Kota Malang dalam waktu hampir bersamaan. Kedatangan orang-orang penting di akhir pekan itu bukan menjalankan tugas kenegaraan dan protokoler. Melainkan memenuhi undangan di tiga tempat yang berbeda.

Menteri Perikanan dan Kelautan Freddy Numberi hadir di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk memberikan orasi wisuda mahasiswa. Sementara Menteri Koperasi dan UMKM Suryadharma Ali berkunjung ke Unisma untuk membuka pujasera sekaligus sarasehan UMKM. Sedangkan Ketua KPK Antasari Azhar datang ke Universitas Brawijaya untuk menghadiri wisuda Ajeng Oktarifka, putrinya yang lulus dari Fakultas Pertanian.

Dari ketiga pejabat tersebut, hanya Antasari Azhar yang tidak memberikan komentar. Sebab Antasari datang sebagai orang tua mahasiswa, bukan sebagai seorang “jenderal” pemberantasan korupsi. Ia tidak bersedia memberikan sambutan dalam wisuda tersebut. Usai prosesi berakhir, Antasari langsung pamit pulang.

Menteri Perikanan dan Kelautan Freddy Numberi memilih topik Tekanan Lingkungan Global pada Sumberdaya Kelautan dan Perikanan serta Tantangan Pengelolaannya. Menurutnya, salah satu tekanan lingkungan adalah global warming (pemanasan global). Suhu air laut meningkat 0,5 derajat yang mengakibatkan permukaan air laut naik hingga 1,5 meter.

Dengan kondisi itu, sumberdaya kelautan, salah satunya adalah ikan, dalam posisi terancam. Peningkatan suhu air laut berdampak pada meningkatnya angka kematian terumbu karang. Karena merupakan salah satu komponen ekosistem laut, maka kematian terumbu karang membawa dampak negatif bagi kehidupan ikan laut.

Perubahan suhu air laut ternyata juga berdampak pada perubahan distribusi penyebaran ikan laut dan plankton (makanan ikan). Bahkan di Indonesia, mengakibtkan meningkatnya toxic algal blooms (algae beracun). “Marilah kita perlambat pemanasan global. Termasuk mengembangkan cara-cara eksploitasi perikanan yang ramah lingkungan,” ajak Freddy yang saat datang disambut dengan tarian dari Papua.

Menteri Koperasi dan UMKM Suryadharma Ali dalam sesi sarasehan memberikan kritikan kepada eksistensi perguruan tinggi. Menurutnya, PT adalah institusi yang memproduk pengangguran. Fakta itu mulai terlihat dalam berbagai survei yang dilakukan pemerintah.

Banyaknya pengangguran intelektual itu, lanjut Suryadharma, karena lebarnya kesenjangan antara pengajaran dan fakta di lapangan. Apa yang diajarkan di kampus berbeda jauh dengan fakta lapangan. Itulah yang membuat makin membesarnya jumlah pengangguran intelektual. “Praktik UMKM menjadi salah satu solusi untuk membekali mahasiswa supaya tidak menjadi pengangguran,” pesan politisi PPP ini. (yos/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s