Penjual Hewan Kurban Bermunculan

Salah satu stand penjualan hewan kurban yang mulai bermunculan di berbagai tempat.

Salah satu stand penjualan hewan kurban yang mulai bermunculan di berbagai tempat.

10 hari menjelang Idul Adha pedagang hewan kurban mulai bermunculan. Para pedagang mulai membuka stand untuk menjual hewan dagangannya. Seperti yang terlihat di Jalan Desa Banjararum, Singosari. Tepatnya di depan perum Karanglo Indah, salah satu pedagang hewan kurban menjual dagangannya. Tidak main-main, hari pertama berjualan pedagang tersebut sudah menyediakan lebih dari 30 ekor kambing berbagai jenis.

Imbasnya, stan hewan kurban yang berada di tepi jalan raya ini menarik hati pengguna jalan. Belum lagi dengan spanduk besar berwarna hijau muda, dengan tulisan menjual dan menyediakan hewan kurban cukup jelas terbaca. Hasilnya, baru sebentar dibuka terlihat beberapa kendaraan berhenti.

Mereka yang datang masih banyak yang sekadar melihat-lihat saja, namun ada juga warga yang seketika membeli kambing kurban karena sudah menyiapkan uang dari rumah.

“Sudah 11 tahun ini saya usaha menjual hewan kurban. Dan alhamdulillah selama ini tidak menemukan kendala apa-apa, semuanya lancar,” terang Muhammad salah satu penjual hewan kurban kepada Malang Post kemarin.

Pemuda asal desa Banjararum ini mengatakan jika semakin jauh sebelum hari H, harga hewan kurban lebih murah. Sebaliknya, saat sudah dekat harganya pun akan semakin mahal. “Kalau dihitung sebetulnya sama saja. Sekarang membeli harganya murah. Sedangkan untuk biaya perawatannya kan juga harus dihitung, selain biaya makan, juga ada biaya jasa penitipan,” katanya.

Muhammad mengaku setiap tahun penjualan hewan kurban terus menurun. Salah satu sebab penurunan penjualan, tidak lain karena banyak pesaing. Hampir disetiap daerah ada penjualan hewan, belum lagi kerja sama antara pihak masjid dengan peternakan, penyedia hewan kurban, makin mempersempit pedagang memperoleh pembeli hewan kurban.(ira/eno) (ira ravika/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s