60 Ribu Bibit Apel Gratis Dibagikan

Bibit apel di kebun bibit Sekar Kartika Jati Kencana yang akan didistribusikan ke petani. (vandri van battu/malang post)

Bibit apel di kebun bibit Sekar Kartika Jati Kencana yang akan didistribusikan ke petani. (vandri van battu/malang post)

Bantuan 60 ribu bibit apel untuk petani apel yang didanai Rp 500 juta dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kota Batu tahun anggaran 2008 mulai dibagikan. Hari ini, distribusi tahap pertama dari dua tahap mulai dilakukan.

Sekretaris Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Apel, Batu, Ir Mochamad Toha kemarin menjelaskan, tahap pertama jumlah bibit apel yang didistribusikan 28 ribu bibit.

Ada tiga jenis bibit apel yang didistribusikan. Masing-masing, kata Toha, jenis Anna, Manalagi dan apel jenis Romebeauty. Ketiga jenis bibit apel ini sudah disertifikasi oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB).

“Pendistribusian bibit apel dilakukan kepada petani melalui kelompok tani. Ada 15 kelompok tani apel yang akan mengambil bibit kemudian diteruskan kepada anggotanya masing-masing,” kata Toha saat ditemui di kebun bibit Sekar Kartika Jati Kencana, Sidomulyo, Kota Batu.

Setelah kelompok tani mengambil bibit apel, kata Toha pendistribusian ke petani langsung ditangani sendiri oleh masing-masing kelompok tani.

“Teknis pendistribusian ada di kelompok tani. Kami hanya sampai ke kelompok tani saja,” kata Toha.
Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk pendistribusian tahap kedua rencananya dilakukan pada pertengahan Desember mendatang. Jumlah bibit yang didistribusikan sebanyak 31 ribu bibit apel.

Saat ini sebagian bibit apel yang akan didistribusikan pada tahap kedua sedang dalam tahap sertifikasi oleh BPSB. Untuk melakukan sertifikasi tersebut, petugas BPSB langsung datang ke kebun bibit.
Soal kemungkinan petani menjual lagi bibit apel yang dibagikan secara gratis itu, Toha membantahnya.
“Bibit ini tidak mungkin dijual. Karena mereka (petani) membutuhkan,” katanya. Pendistribusian pun dilakukan melalui kelompok tani sehingga tepat sasaran.

Pendistribusian bibit apel kepada petani dilakukan secara gratis itu bertujuan untuk merehabilitasi pohon apel yang sudah tua. Program ini kata dia, sudah dilakukan sejak 2006 lalu. (van/jon)
(Vandri van Battu/malangpost)

5 Komentar

Filed under Batu

5 responses to “60 Ribu Bibit Apel Gratis Dibagikan

  1. lulu bahrul falah

    Saya tertarik untuk mencoba menanam apel, dimana saya bisa membeli bibit apel yang baik ?
    mohon alamat dan no telp. Tks

  2. niko

    ada saya punya lokasi di batu niko_pratama10@yahoo.co.id

  3. Bagaimana cara membuat bibit pohon apel…? dan dimana saya bisa mendapatkannya…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s