Gerakan PKK penyelamatan lingkungan

Gerakan perempuan menanam dan memelihara pohon yang dilakukan secera serentak secara nasional dilakukan pula perempuan Kota Malang. Gerakan penyelamatan lingkungan itu diwarnai dengan tebar benih ikan sebanyak 2000 ekor benih ikan di terusan Kali Mewek, selain melakukan penanaman pohon secara simbolis oleh Ketua TP PKK Kota Malang, Dra. Heri Peni Suparto.

Gerakan perempuan menanam, tebar benih dan pelihara di Kota Malang ini dipusatkan di kawasan perumahan River Side Kelurahan Balearjosari Kecamatan Blimbing Kota Malang. Sebelumnya gerakan serupa juga dilakukan serentak secara nasional Jumat lalu, yang dilakukan Pemkot Malang dalam Gerakan Indonesia Menanam yang dipusatkan kawasan perumahan Vila Bukit Tidar Kota Malang.

“Gerakan perempuan menanam untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak dan pentingnya pemeliharaan pohon yang berkelanjutan dalam mencapai pembangunan Indonesia yang bersih,” kata Ketua TP PKK Kota Malang, Heri Peni Suparto, kemarin.

Gerakan perempuan menanam tahun ini sebagai tindak lanjut dari gerakan yang sama pada tahun sebelumnya yang melakukan penanaman 10 juta pohon. Secara simbolis gerakan itu, istri Wali Kota Malang, Peni Suparto menaman pohon di kawasan perumahan River Side dan menebar 2000 ekor benih ikan di kali yang melintas di kawasan perumahan itu bersama sekitar 400 orang perempuan dari GOW Malang, Dharma Wanita, PKK kelurahan sampai tingkat kota, Persit Kartika Candra, Bhayangkari, Jala Senantri dan siswi SMA se-Kota Malang.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kota Malang, Ir. Niniek Suryantini, dalam gerakan perempuan menanam, tebar benih dan pelihara pohon telah disebar ribuan bibit pohon yang akan ditanam perempuan hingga tingkat kelurahan.“Gerakan perempuan di kawasan perumahan River Side sebagai pusat gerakan perempuan menanam yang dilakukan serentak pula sampai tingkat kecamatan dan kelurahan. Semua bibit sudah didistribusikan ke masing-masing kecamatan untuk dilanjutkan ke kelurahan,” ungkapnya.

Untuk gerakan perempuan menanam, Dinas Pertanian memberikan bantuan bibit pohon sebanyak 1315 pohon yang terdiri dari 155 pohon nangka, 5 pohon sukun dan sisanya pohon jarak. Badan Pengelola Das Brantas juga memberikan bantuan bibit sebanyak 10 ribu pohon kayu-kayuan dan tanaman produktif. PT. Perhutani wilayah Malang juga tidak ketinggalan memberikan bantuan bibit sebanyak 2500 pohon mahoni.

“Tabur benih ikan dilakukan di kali bebas untuk melestarikan plasma nuftah di kali yang ada di Kota Malang,” tandasnya.(aim/lim) (Muhaimin/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s