Panwas Pilwali Dibubarkan

Sejak 1 Desember kemarin, Panitia Pengawas Pilwali Kota Malang dibubarkan. Rencananya, hari ini lima anggota Panwas akan berpamitan kepada wali kota dan Pimpinan DPRD Kota Malang. Sebagai penggantinya, tiga anggota Panwas Pemilu 2009 yang telah ditetapkan Panwas Jatim akan langsung menggantikan posisinya.

Ketiga anggota Panwas Pemilu 2009 yang telah ditetapkan itu masing-masing Hamung Tukijan, Imam Rofii dan Ashari Husen, yang telah diambil sumpahnya sebagai anggota Panwas Pemilu bersama anggota Panwas kota dan kabupaten se Jawa Timur di Surabaya kemarin.

“Besok, Panwas Pilwali Kota Malang akan dibubarkan setelah anggota Panwas Pemilu yang baru dilantik di Surabaya kemarin,” kata anggota Panwas Pilwali Kota Malang, Chusnun N Djuraid kepada Malang Post, kemarin.

Meski telah melaksanakan Pilwali Kota Malang, lima anggota Panwas Kota Malang masih tetap menjabat sebagai anggota Panwas Pilgub. Mereka masih bekerja untuk Panwas Pilgub hingga dilantiknya Gubernur Jatim terpilih. Pasalnya, pelaksanaan Pilwali Kota Malang bersamaan dengan pelaksanaan Pilgub Jatim.

Hanya saja, Pilwali hanya cukup selesai satu putaran yang menangkan pasangan Peni Suparto-Bambang PU yang diusung PDIP, dan telah dilantik beberapa waktu lalu oleh Gubernur Jatim. Sedangkan Pilgub harus sampai dua putaran. Bahkan, saat ini masih terjadi gugatan sengketa hasil Pilgub yang diajukan pasangan Khofifah-Mujiono di Mahkamah Konstitusi (MK). Rencananya, hari ini akan ada sidang lanjutan MK untuk memutuskan sengketa Pilkada gubernur Jatim.

“Kalau untuk Pilgub kami masih harus menunggu hingga dilantiknya Gubernur Jatim yang baru. Mungkin untuk Pilgub masih satu bulan masa kerjanya, menuggu dilantiknya gubernur terpilih,” ujarnya. (aim/udi)
(Muhaimin/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s