Trotoar Dibongkar Karena Dianggap Mengganggu Pepohonan

Dinas Permukiman dan Bina Marga Kota Batu gerah juga dengan adanya perusakan pohon akibat pembangunan trotoar di Jalan Dadaprejo, Junrejo. Karena itu, hari ini Disperkim berjanji akan membongkar seluruh trotoar yang menutupi ruang gerak beberapa pohon tersebut. “Besok diperbaiki. Tadi (kemarin, Red) sudah saya koordinasikan,” kata Budi Santoso, Kadis Perkim Kota Batu, kemarin.

Seperti diketahui, pembangunan trotoar di sepanjang pinggir jalan Dadaprejo dan Sisir dipersoalkan dewan. Karena pembangunan itu tidak memperhitungkan keberlangsungan hidup tanaman yang ada di areal proyek trotoar. Pepohonan itu ditutup begitu saja tanpa ada ruang untuk menyerap air.

Sementara itu, sebelumnya Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) Pemkot Batu juga telah memberikan respons menyikapi pepohonan yang ditutup trotoar itu. Bahkan, KLH juga sudah menyemprit Disperkim untuk segera melakukan perbaikan.

Bukan hanya secara lisan. Bahkan, jika tak kunjung ada perbaikan KLH siap melayangkan surat resmi kepada dinas teknis tersebut. “Sudah kami koordinasikan, dan Disperkim sebenarnya juga sudah akan menindaklanjuti,” kata Kepala KLH Pemkot Batu Hidayat Murtadho, siang kemarin.

Menurut dia, untuk pepohonan memang selayaknya diberi sedikit ruangan untuk perkembangan pepohonan. Dengan diberikan ruangan terbuka itu, ada sedikit ruang untuk dijadikan tempat penyiraman maupun pemupukan. “Nggak usah ditulis lah. Segera ada perbaikan kok,” katanya.

Ketua Komisi C DPRD Kota Batu Juhaimi kembali menegaskan supaya ada pembongkaran trotoar. Khususnya di sekitar tanaman. Dengan demikian, pembangunan yang pro lingkungan serta estetika tetap terjaga. Karena dari pantauannya, belum ada perbaikan pada dua trotoar yang dipersoalkan pembangunannya karena menjepit pepohonan. “Harus dibongkar. Mumpung sekarang pembangunan masih berjalan,” kata anggota Fraksi Gabungan dari PKS ini. (yak/abm/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s