Harga Emas Turun Tipis, Pasar Masih Sepi

Penjualan emas masih belum bergairah (Lailatul Rosida/Malang Post)

Penjualan emas masih belum bergairah (Lailatul Rosida/Malang Post)


Harga emas di pasar besar Malang (PBM) kemarin turun, dari Rp 298 ribu menjadi Rp 292 ribu untuk emas 24 karat. Meski demikian, rupanya tidak mempengaruhi minat masyarakat untuk membeli emas. Kondisi pasar cenderung sepi dibandingkan hari biasa.

“Sudah satu bulanan ini pasar emas sepi. Bahkan penjualan kami turun sampai lebih dari 50 persen dibandingkan hari sebelumnya,” ungkap Pemilik Toko Emas Idul Fitri PBM, Sam Faris kepada Malang Post.
Sepinya perdagangan emas ini, kata Faris, disebabkan karena tidak menentunya harga emas setelah dolar naik. Fluktuasi ini menyebabkan masyarakat yang biasa membeli emas untuk mode pun menahan keinginannya untuk buying. Sementara kecenderungan menjual emas, menurutnya tidak banyak terpengaruh dengan fluktuasi ini. sebab, biasanya orang menjual emas karena memang membutuhkan dana segarnya.

Padahal, kata dia, produsen emas tetap dihadapkan kepada tuntutan untuk memenuhi tren terbaru. Pabrik tetap harus memproduksi model emas terbaru ditengah kondisi krisis. Karena itu, pihaknya kini mencoba membatasi item emas yang akan diproduksi.

“Harapan kami pemerintah bisa mengendalikan harga di pasar. Sehingga harga emas tetap stabil dan tidak turun naik. Pembeli ataupun penjual bisa menaksir harga dan tidak kebingungan seperti sekarang,” tuturnya.

Kondisi sepinya pasar perdagangan emas ini, kata Faris, diharapkan bisa pulih dengan momen Idul Adha. Sebab di bulan hari raya besar ini biasanya banyak yang melangsungkan pernikahan. Adat ini diharapkan mampu mendongkrak kembali penjualan emas di pasar.

Sementara itu, karyawan Toko emas Bulan Bintang, Wahyu menuturkan beberapa hari terakhir penjualan emas di sana cukup meningkat. Rata-rata penjualan ini didominasi para calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah ke tanah suci. (oci/han)
(Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia, Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s