Sentra Bordir Disuplai Bantuan Mesin

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar menggelontor bantuan mesin senilai Rp 700 Juta ke sentra Bordir Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis, kemarin. Bantuan tersebut berupa 50 unit mesin bordir, 20 mesin jahit dan 20 mesin Neci untuk 90 perajin. Bantuan itu berasal dari Departemen Perindustrian yang berbentuk hibah.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar M. Syakur Kullu mengatakan, bantuan itu dalam rangka meningkatkan daya saing UKM pada saat krisis Global. Kata Syakur, 90 mesin itu diharapkan mampu menumbuhkan ekonomi lokal sehingga bertahan dari krisis ekonomi. Dia mencatat dalam kurun waktu setahun, sentra bordir se Kabupaten Malang mampu memberi devisa sebesar 187 juta dolar.

“Produksi mereka diekspor ke Brunei dan Timur Tengah, antara lain pakaian jadi bordir, taplak meja bordir dan mukena,” terang Syakur kepada Malang Post.

Syakur menambahkan, di Kabupaten Malang terdapat 10 desa sebagai sentra Bordir. Satu diantara 10 desa itu adalah Desa Sumberpasir, yang sempat menjadi percontohan tingkat provinsi. Desa Sumberpasir awalnya adalah desa IDT (Inpres Desa Tertinggal) dengan tingkat ekonomi yang rendah.
“Sekarang perlahan ekonomi setempat mulai tumbuh dengan adanya sentra Bordir,” pungkasnya.(ary/eno)
(Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s