‘Sekpri Wawali’ Nipu

MALANG – Kejahatan penipuan mulai merambah lingkungan Pemerintah Kota Malang. Kemarin, ada seorang oknum penipu yang akan menjalankan aksinya di salah satu SKPD Kota Malang. Beruntung aksi ini bisa digagalkan sebelum menimbulkan korban dan kerugian.
Kabag Humas Pemkot Malang, Dr Ir Drs JE Sulistyono, M. Si mengatakan, penipuan itu mengatasnamakan Sekpri Ibu Wakil Walikota, Ny Lusi Bambang Priyo Utomo. Oknum tersebut menghubungi Dinas Kimpraswil dan minta dihubungkan dengan Ketua Unit Dharma Wanita Kimpraswil Kota Malang.
“Oknum tersebut meminta kepada ketua unit Dharma Wanita agar mentransfer sejumlah dana yang digunakan untuk operasional kegiatan organisasi PKK. Permintaan transfer uang ini dilakukan dengan dalih mendapat perintah dari Ibu Wawali,” terang Jarot pada Malang Post, siang kemarin.
Beruntung pihak unit Dharma Wanita Kimpraswil tidak serta merta mengiyakan permintaan tersebut. Mereka langsung melakukan cross check kebenaran informasi ini langsung ke staf Wakil Walikota. Setelah melakukan cross check, akhirnya diketahui jika oknum yang meminta transfer uang itu tidak dikenal di lingkungan Pemkot Malang.
Jarot melanjutkan, meski tidak sampai ada korban dan kerugian, tetapi ia menghimbau kepada seluruh jajaran SKPD di Pemkot Malang serta masyarakat Kota Malang untuk lebih berhati-hati serta jangan mudah percaya terhadap modus penipuan seperti ini. Kalau ada orang yang meminta transfer uang mengatasnamakan salah satu pejabat pemkot atau dinas, sebaiknya segera melakukan cross check melalui pejabat bersangkutan atau bisa melalui humas pemkot.
Sementara itu, kejadian serupa juga pernah terjadi di tahun 2007 lalu. Saat itu sasaran penipuannya adalah kelurahan-kelurahan, salah satunya Kelurahan Bareng. Penipuan dilakukan dengan mengatasnamakan sekpri Wali Kota Malang. Beruntung pihak Kelurahan Bareng mengomunikasikan hal ini kepada humas terlebih dahulu. Sehingga sebelum mentransfer sejumlah uang, mereka mengetahui jika ini hanya akal-akalan penipu. (nda/eno) (Adinda Zaeni)

Iklan

1 Komentar

Filed under Malang

One response to “‘Sekpri Wawali’ Nipu

  1. wahh, di jaman semodern ini masih ada ya penipuan model kayak gini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s