Luka Parah Kepala, Jangan Diberi Minum Air Putih

Menolong korban lalu lintas atau bencana alam membutuhkan kecekatan dan cara yang benar. Masyarakat tidak boleh sembarangan menolong, tetapi harus memperhatikan terlebih dahulu kondisi korban. Sebab, pertolongan pertama akan menentukan penanganan serius selanjutnya.

Seperti dalam gelaran pelatihan pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas dan bencana alam di Gedung PMI Kabupaten Malang kemarin. Jika korban tidak parah, bisa diberi air putih untuk menenangkan. Tetapi jika korban sakit parah pada kepala, tidak boleh langsung diberi minum air putih. “Karena pemberian air putih bisa menyebabkan korban muntah. Apalagi kalau ada kemungkinan sampai gegar otak,” ujar Widyawanto, ketua panitia pelatihan.

Dia mengatakan pelatihan tersebut diikuti 40 orang dari anggota kepolisian Polres Malang, Satpol PP, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, PD Jasa Yasa, Perum Jasa Tirta dan Malang Square Selatan (MSS). Para peserta tersebut selama ini belum pernah mengikuti pelatihan. Padahal tugas mereka selama ini di lapangan.

Pelatihan tersebut, kata dia, juga sebagai upaya untuk memberikan pertolongan yang cepat kepada korban kecelakaan dan bencana alam. “Bulan Desember itu jumlah pengendara di jalan raya meningkat tajam, jadi ini dilakukan untuk antisipasi kecelakaan. Selain itu, saat ini musim hujan yang rawan bencana,” ujarnya.

Dalam pelatiha tersebut para peserta diberi wawasan tentang tata cara membalut luka, memberikan obat kepada korban. Terutama untuk luka-luka yang ringan. Di samping itu, para penolong itu juga diberi tugas untuk mengamankan barang-barang korban. Karena, selama ini kerap terjadi barang-barang milik korban itu hilang setelah kecelakaan.

Bripka Endro Yulianto, peserta dari Polres Malang mengatakan sangat senang bisa mengikuti pelatihan. Sebab, meski bertugas sebagai patwal dan kerap mendapati kecelakaan, dia belum pernah mendapatkan pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan. “Sangat menarik, ternyata menolong korban itu ada cara-caranya,” ujarnya. (lid/lia)

Iklan

1 Komentar

Filed under Kabupaten Malang

One response to “Luka Parah Kepala, Jangan Diberi Minum Air Putih

  1. m.isa

    salut buat teman teman PMI Cab Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s