Tujuh Keterampilan untuk Pelajar Putus Sekolah

Sebanyak 100 pelajar putus sekolah di Kota Batu memiliki harapan baru dalam dunia kerja. Pelajar putus sekolah dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat sekolah menengah yang rata-rata bekerja serabutan itu bakal digembleng PKK Kota Batu dengan beragam ketrampilan untuk melatih kemandirian.

Kegiatan hasil kerja sama dengan Direktorat PSLB (pendidikan sekolah luar biasa) Ditjen Mendikdasmen Depdiknas itu ditandai dengan pelaksanaan tes psikologi bagi para peserta. “Tujuannya untuk menentukan bakat dan minat peserta. Setelah itu tinggal mengarahkan,” kata Ketua PKK Kota Batu Dewanti Rumpoko, di sela-sela kegiatan psikotes di Bina Praja Balaikota Batu, siang kemarin.

Dia menjelaskan, jika sudah ketemu minat maupun bakat yang dimiliki, maka tinggal mengarahkan pada keterampilan yang akan diberikan pada peserta. Karena, kegiatan itu menyediakan tujuh saluran keterampilan bagi para peserta. Di antaranya, pertanian, peternakan, otomotif, komputer, tata boga, dan tata rias. “Setelah terampil, akan tetap kami bimbing supaya bisa mandiri,” kata istri Wali Kota Batu ini.

Dia menambahkan, pemberian pendidikan dan pelatihan bagi pelajar putus sekolah itu dijadikan pilot project tingkat nasional oleh Depdiknas. Karena sebelumnya kerja sama yang dilakukan dengan lembaga swadaya masyarakat. Sedangkan kerja sama dengan PKK baru pertama dilakukan.

Dia juga mengakui, kegiatan itu memang dibutuhkan di Kota Batu. Apalagi, jumlah pelajar putus sekolah terhitung cukup tinggi, sekitar 1.500 orang. Hal itu dikarenakan masih banyak kalangan orang tua yang menganggap pendidikan kurang penting. “Ini salah satu risiko daerah subur. Ada yang memiliki pemikiran tanpa sekolah pun bisa mendapatkan pekerjaan yang layak,” tambah dia. (yak/abm/radarmalang)

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s