Lagi, Atribut Parpol Ditertibkan

Tampaknya kesadaran peduli lingkungan dikalangan pengurus partai politik di Kota Batu patut dipertanyakan. Buktinya, Satpol PP masih saja menertibkan atribut parpol yang dipaku di pohon tepi jalan.

Karena cara pemasangan atibut parpol itu bisa mematikan pohon pelindung, sampai akhir tahun ini aparat penegak Perda itu giat melancarkan operasi penertiban. Operasi itu sudah dimulai sejak Rabu (24/12) kemarin.

Dalam operasi penertiban yang digelar khusus di wilayah kecamatan Junrejo, Satpol PP menertibkan atribut milik tiga parpol. Umumnya, atribut parpol berupa banner itu dipaku di batang pohon di tepi Jalan Dadaprejo.
Kepala Seksi Tramtib Satpol PP Kota Batu, Bambang Suyono, mengatakan selain di sekitar Jalan Dadaperjo, pihaknya menertibkan atribut parpol disekitar pintu masuk Kota Batu. Dikawasan itu, atribut parpol juga dipaku di batang pohon pelindung.

Setelah menggelar penertiban di wilayah kecamatan Junrejo, kata Bambang, operasi yang sama akan digelar di kecamatan Bumiaji dan kecamatan Batu. Dia dua wilayah kecamatan ini juga masih terdapat atribut parpol yang dipasang di tempat umum. “Kami usahakan operasi dilakukan dalam minggu ini sampai akhir tahun,” jelasnya.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, sebelum menertibkan atribut parpol, pihaknya sudah memberitahukan ke semua pengurus parpol. Pemberitahun itu kata dia melalui surat resmi Satpol PP bernomor 522/2256/422.405/2008. Surat resmi tertanggal 5 Desember itu berperihal tentang penertiban atribut parpol pada pohon kanan kiri jalan.

“Penertiban ini juga sekaligus penegakan perwali 14 tahun 2007 tentang pedoman tata laksana perizinan reklame dan instruksi wali kota nomor 2 tahun 2007 tentang pengawasan dan pelestarian pohon kanan kiri jalan,” paparnya.

Ditegaskannya, dalam dua ketentuan tersebut dilarang keras memasang atribut parpol di pohon pelindung. Sebab bisa menyebabkan pohon pelindung mati. “Selain itu juga mengganggu keindahan dan ketertiban umum,” katanya.

Sementara itu, pantauan Malang Post, di pohon pelindung yang tersebar di sekitar Jalan Dewi Sartika juga terdapat atribut parpol. Hanya saja saat ini masih menunggu waktu untuk ditertibkan. (van/eno) (Vandri/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s