Hanura Sambut Baik Keputusan MK

wirantoKeputusan MK menetapkan suara terbanyak dalam Pemilu keputusan yang benar,” kata Wiranto kepada Malang Post, saat road show ke Kota Malang, kemarin.

Menurut Wiranto, pilihan rakyat dalam Pemilu harus dihormati, dan MK benar-benar menghormati hak rakyat. Karenanya, Caleg yang akan ditetapkan nantinya tidak lagi berdasarkan nomor urut dalam daftar caleg tetap (DCT). Penetapannya berdasarkan jumlah perolehan suara terbanyak. Semakin banyak memperoleh suara, peluangnya semakin besar untuk ditetapkan sebagai wakil rakyat.

MK, lanjut Wiranto, telah mengabulkan permohonan uji materi UU 10 Tahun 2008 tentang pemilihan umum pasal 214 huruf a, b, c, d, e mengenai sistem nomor urut, dengan demikian penentuan calon legislatif harus mengacu pada putusan MK dengan menggunakan suara terbanyak. “Dari awal Partai Hanura sudah menggunkan sistem suara terbanyak,” ungkapnya.

Keputusan itu, memberikan kesempatan yang sama kepada semua caleg untuk dapat duduk di kursi Legislatif. Bila masih menggunakan sistem nomor urut, caleg yang memiliki suara terbanyak tidak pasti dapat ditetapkan sebagai caleg terpili. KPU menetapkan caleg nomor urut meski jumlah suara yang diperolehnya lebih kecil dari caleg di bawahnya yang memperoleh suara terbanyak.

Kehadiran Wiranto di Kota Malang, kemarin tidak hanya bernostalgia dengan rekan seperjuangannya saat berada di Brigade 18 Linud Trisula Malang dan bertemu dengan para purnawirawan TNI serta pejuang kemerdekaan, mantan Pangab itu juga menghadiri perayaan Natal di Gereja Pantekosta di Indonesia Jalan Mundu Malang.

Di tempat yang sama, Wali Kota Malang, Peni Suparto dan Ketua DPRD Kota Malang, Priyatmoko Oetomo hadir bersama Wiranto dan umat Kristiani merayakan Natal. (aim/udi) (Muhaimin/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under politik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s