DPP PD Tuntut Realisasi PAW

Ketua Umum DPP Partai Demokrat (PD) Hadi Utomo meminta pimpinan DPRD Kota Batu memproses PAW tiga anggota Fraksi PD. Sebab menurut Hadi, PAW merupakan hak partai yang tak bisa dihalangi.

“PAW itu kewenangan partai, kalau sudah diajukan mestinya segera ditindaklanjuti. DPRD tidak boleh menahan proses PAW yang sudah diajukan itu,” kata Hadi saat ditemui di Hotel Agrowisata, kemarin.

Ketua DPP PD Hadi Utomo bersama kader PD Kota Batu saat di Hotel Agrowisata, kemarin (mp/vandri van battu)

Ketua DPP PD Hadi Utomo bersama kader PD Kota Batu saat di Hotel Agrowisata, kemarin (mp/vandri van battu)


Untuk diketahui, sebelumnya DPC PD Kota Batu telah mengajukan PAW tiga wakilnya di gedung dewan. Ketiga wakil rakyat itu masing-masing, Andrek Prana, Yani Andoko dan Machrus Saehudin. Mereka di PAW karena telah pindah ke partai lain.

Lebih lanjut, Hadi mengatakan, mestinya ketika usulan PAW PD disampaikan, proses pembahasan PAW pun langsung dilanjutkan oleh dewan. “Karena DPRD itu juga perpanjangtanganan dari partai. Jadi DPRD tidak punya kewenangan untuk menahan proses PAW,” tegasnya.

Apalagi saat ini tidak ada alasan lagi untuk menunda pembahasan PAW. “Karena mereka sudah pindah partai. Saat pindah partai sudah langsung PAW,” tandas purnawirawan TNI AD ini.

Sedangkan kepada Andrek Prana, Yani Andoko dan Machrus Saehudin, Hadi berharap supaya patuh kepada ketentuan PD. Menurut dia, tak etis pula kalau ketiganya akan mentutut proses PAW secara hukum.

Menanggapi proses pergantian tiga wakil rakyat itu yang berjalan lambat, Hadi mengaku heran. Sebab kata dia, proses PAW di daerah lain di Indonesia, bahkan PAW di DPR RI berlang cepat. “Karena itu saya berharap, proses PAW ini bisa berjalan secepatnya,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PD Kota Batu, M Djoko Lestariono menjelaskan, proses PAW secara resmi sudah diajukan bersamaan surat DPP PD tentang pergantian tiga wakil rakyat PD yang sudah pindah partai itu. Bahkan sebulan yang lalu, PD juga telah membekukan Fraksi Demokrat di DPRD Kota Batu.

Hanya saja, sampai saat ini belum ada perkembangan dari pembahasan PAW tersebut. “Kami telah komunikasi dengan pimpinan dewan, katanya masih di proses,” pungkas Djoko.(van/eno) (Vandri van Battu/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under politik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s