KaJi Siap Buktikan Kebenaran Rekaman

Untuk memenangkan gugatannya, Tim kuasa hukum pasangan Khofifah-Mudjiono (KaJi) siap membuktikan kecurangan tim KarSa dalam Pilgub Jawa Timur. Caranya dengan meyakinkan hakim bahwa rekaman percakapan telepon soal kecurangan itu adalah otentik dan sah.

“Jika memang majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menganggap perlu pembuktian validitas rekaman itu kami siap,” kata salah seorang anggota tim kuasa hukum KaJi Andi Asrun di Jakarta, kemarin.

Sebelumnya, dalam sidang di MK diperdengarkan rekaman pembicaraan telepon yang antara saksi yang diajukan KaJi dengan salah seorang kepala desa di Bangkalan, Madura, yang menjadi pendukung pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa).

Dalam rekaman itu, terungkap adanya upaya kecurangan untuk memenangkan KarSa, antara lain menyebut adanya surat suara yang dicoblosi sendiri oleh kepala desa. Pihak KarSa meragukan validitas rekaman tersebut dan menganggap itu sebagai rekayasa untuk memojokkan mereka.

Andi Asrun mengatakan, pihaknya tentu tidak akan gegabah mengajukan rekaman sebagai bukti jika tidak valid karena selaku praktisi hukum pihaknya tahu betul risikonya. “Kalau pihak KarSa meragukan validitas rekaman tersebut, itu hak mereka. Tapi semua tergantung pada keyakinan majelis hakim,” kata Dwi Ria Latifa, anggota kuasa hukum Kaji lainnya.

Ditambahkan, menurut undang-undang, rekaman percakapan bisa menjadi barang bukti. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sering menggunakan barang bukti semacam ini. (jpnn/udi) (JPNN)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under jatim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s