KPU Dan Desk Pemilu Tak Akan Bersaing

Landasan hukum bagi pembentukan Desk Pemilu akan segera dikeluarkan dalam bentuk Peraturan Presiden. Mendagri Mardiyanto menilai pembentukan Desk Pemilu sangat dibutuhkan sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam menjalankan fungsi pengawasan sepanjang proses persiapan dan pelaksanaan Pemilu 2009.
“Tugas pemerintah tetap mendukung terseleggaranya Pemilu tepat waktu, tanpa intervensi di daerah,” kata Mardiyanto di sela-sela Rakernas Panwaslu se-Indonesia di Hotel Millenium Jakarta, Kamis (27/11) kemarin.

Perpres ini, menurutnya, akan mengatur tentang mekanisme bagi pemerintah dalam memfasilitasi penyelengaran Pemilu, termasuk soal bantuan dana dalam persiapan Pemilu. Misalnya, dalam distribusi logistik dari kabupaten ke kecamatan. Dana dari APBN untuk Pemilu semuanya telah disalurkan melalui KPU. “Namun bisa jadi semuanya tidak tercover oleh KPU. Sebab KPU tidak bisa menghitung rinci ongkos kirim dari surat suara. Biaya distribusi ke TPS-TPS mungkin tiap daerah berbeda,” tandas Mardiyanto.

Dengan dibentuknya Desk Pemilu oleh Pemilu, dana untuk kekurangan tersebut bisa didukung APBD. Mardiyanto mengatakan di tengah berbagai protes terhadap pembentukan Desk Pemilu, Mardiyanto mengatakan justru desk ini merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintah dalam mengawal Pemilu 2009.

Secara terpisah, Anggota Bawaslu Bambang Eka Cahya mengatakan, Desk Pemilu dinilai tak akan tumpang tindih dengan fungsi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menjalankan persiapan pemilu dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) dalam menjalankan fungsi pengawasan. “Tidak, tidak akan ada tumpang tindih. Menurut beliau (Mendagri), konjingensi plan,” tutur Bambang. (jpnn/udi) (JPNN)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s