Pemilu Legislatif, KPU Tambah TPS Khusus

Petugas yang menyiapkan TPS khusus pada Pilgub putaran dua lalu, dan pada Pemilu Legislatif 2009 mendatang bakal ditambah. (MUHAIMIN/MALANG POST)

Petugas yang menyiapkan TPS khusus pada Pilgub putaran dua lalu, dan pada Pemilu Legislatif 2009 mendatang bakal ditambah. (MUHAIMIN/MALANG POST)

KPU Kota Malang akan menambah tiga TPS khusus pada pelaksanaan Pemilu Legislatif 9 April 2009 mendatang. Pada pelaksanaan Pilkada dan Pilgub lalu, jumlah TPS khusus hanya 15 TPS dan akan ditambah tiga TPS yang akan ditempatkan di tiga terminal yang ada di Kota Malang.

Ketiga terminal itu, terminal Arjosari, Landungsari dan terminal Gadang. Sehingga jumlah TPS khusus seluruhnya mencapai 18 TPS. Pada Pilkada dan Pilgub lalu, terminal belum disentuh TPS khusus. Rumah sakit, tahanan Polres yang sudah terlayani sebelumnya. Sedangkan jumlah TPS biasa mencapai 1280 TPS yang tersebar di lima kecamatan Kota Malang.

“Selama ini masyarakat yang berada di terminal saat Pemilu belum mendapatkan perhatian dengan membuka TPS khusus. Tapi, pada Pemilu 2009 akan dibuka TPS khusus untuk melayani pemilih yang saat itu berada di terminal,” kata anggota KPU Kota Malang, Suwarno kepada Malang Post, kemarin.

Harapannya, dengan banyaknya TPS khusus itu akan semakin memperkecil jumlah Golput pada Pemilu 2009 mendatang, karena di semua tempat fasilitas umum ada TPS khusus yang melayani para pemilih yang tidak berada di rumah, meski saat pencoblosan ditetapkan sebagai hari libur.

Tidak hanya jumlah TPS khusus saja yang bertambah, jumlah pemilih yang telah ditetapkan dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2009 juga bertambah. Sesuai dengan data yang ada dalam DPT, jumlah pemilih mencapai 574.231 pemilih, 70.873 orang diantaranya pemilih pemula yang baru kali pertama akan menggunakan hak pilihnya di bilik suara TPS.

“DPT secara nasional memang baru beberapa waktu lalu ditetapkan. Kami di KPU Kota Malang sudah lebih dulu menetapkannya sesuai dengan tahapan Pemilu yang dikeluarkan KPU pusat,” ungkapnya.

Penetapan DPT lebih dini dilakukan untuk mempersiapkan logistik yang harus disiapkan KPU untuk Pemilu 2009, termasuk surat suara. Karena penetapan DPT telah dilakukan, tidak ada lagi penambahan jumlah pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2009. Kecuali, jika KPU pusat membuat kebijakan baru membuka kesempatan lagi kepada masyarakat yang belum masuk dalam DPT untuk di daftarkan kembali untuk masuk dalam DPT tambahan.

“Tapi kalau mereka yang sebelumnya sudah masuk dalam DPT Pilkada Kota Malang dan Pilgub Jatim kemarin, tapi tidak masuk dalam DPT Pemilu dia dapat menggunakan hak pilihnya dan tetap akan diakomodir. Sebab data Pemilu Legislatif dan Pilpres itu dari DPT Pilgub dan Pilkada lalu,” terangnya. (aim/udi) (Muhaimin/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s