Unikan Ramaikan Kirab Agung

Puncak peringatan hari jadi Kabupaten Malang Minggu (28/12) besok, kembali Universitas Kanjuruhan (Unikan) Malang berpartisipasi merayakannya. Pada gelaran Kirab Agung yang merupakan display dari perwajahan dan potensi budaya dan pariwisata yang ada di Kabupaten Malang, Unikan akan menampilkan sebuah cuplikan lakon yaang identik dengan nama Kanjuruhan. Menariknya, mulai dari jajaran pimpinan hingga dosen karyawan terlibat dalam kegiatan ini.

“Barisan Kanjuruhan ini menyertakan mulai dari unsur pimpinan yaitu Ketua PPLP PT Unikan, dosen, karyawan dan mahasiswa,” ungkap Humas Unikan, Mirza Suharto.

Unikan akan menampilkan display pasukan dan memperagakan cuplikan dari cerita berjudul `Cahya Sumunar Langit Kanjuruhan`. Kisah ini mengisahkan keteguhan hati Raja Kanjuruhan yang bernama Prabu Baweswaradarma menghadapi makar dari Ki Gede Wanakaya, yang pada akhirnya memenangkan pertempuran dengan semboyan `sura sudira jayaning kang rat, swuh brasthang tekabing dharmastuti`.

Sutradara kegiatan, Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd optimis bahwa suasana kebesaran kerajaan Kanjuruhan jaman dulu akan tampak dalam prosesi ini. Karena selain barisan prajurit yang berjalan kaki juga akan ditampilkan kereta kencana untuk raja dan permaisuri, juga pasukan ksatria berkuda yang mengawalnya.
“Kami melibatkan sekitar 70 orang dalam barisan ini yang berkostum sekaligus berperan sesuai peranan masing-masing,” tambahnya.

Kegiatan ini akan di mulai pada pukul 8 pagi dengan start dari kantor Dinas Pendidikan Kepanjen dan finish di Stadion Kanjuruhan Malang. Ribuan orang diharapkan akan menghadiri perhelatan yang menjadi agenda rutin Pemkab Malang tersebut.(oci/eno)
(Lailatul Rosida/malangpost)

1 Komentar

Filed under Kabupaten Malang

One response to “Unikan Ramaikan Kirab Agung

  1. mantaaaaappppppp,,,bravo kanjuruhan!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s