KPU: Putusan MK Membuat Penentuan Caleg Jadi Lebih Mudah

Tugas KPU dalam menetapkan caleg terpilih hasil Pemilu Legislatif tahun 2009 akan lebih mudah daripada Pemilu sebelumnya. Dengan keputusan MK yang menetapkan caleg terpilih menggunakan suara terbanyak, KPU tidak lagi harus menghitung bilangan pembagi pemilih (BPP) yang njelimet.

Meski keputusan MK telah ditetapkan, KPU Kota Batu masih harus menunggu aturan KPU terkait dengan mekanisme penetapan caleg terpilih. Harus ada payung hukum yang melandasi pelaksanaan keputusan MK yang telah ditetapkan. “Informasinya, aturan itu akan diatur KPU dalam bentuk peraturan KPU. Kami masih menunggunya dari KPU pusat sebagai aturan pelaksanaan dilapangan,” kata Ketua KPU Kota Batu, Mahfud kepada Malang Post, kemarin.

Jika menggunakan aturan yang lama dengan mekanisme nomor urut, sebelum menetapkan caleg terpilih, KPU harus lebih dulu menghitung BPP dan melihat satu persatu caleg yang memperoleh suara dari BPP. Jika tidak ada melihat prosentase jumlah suara yang diperolehnya.

Tapi, dengan aturan yang baru penetapan caleg menggunakan suara terbanyak, KPU hanya menghitung semua perolehan suara yang diperoleh masing-masing parpol. Setelah diketahui jumlah kursi yang diperolehnya, KPU hanya melihat siapa caleg yang memiliki suara paling banyak untuk ditetapkan sebagai anggota legislatif hasil Pemilu 2009.

“Suara terbanyak sangat membantu dan mempermudah KPU dalam penetapan caleg terpilih. Penetapannya tidak lagi njilmet, tapi lebih mudah dan bisa cepat,” ungkapnya.

Selain itu, tugas KPU mensosialisasikan Pemilu juga menjadi lebih ringan. Pasalnya, masing-masing caleg berupaya untuk melakukan sosialisasi dirinya kepada masyarakat untuk aktif menjadi pemilih ke TPS. Harapannya, jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya akan semakin berkurang.

Kendati demikian, KPU tetap akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat baik yang terkait dengan pendidikan politik masyarakat maupun tata cara Pemilu 2009. Sebab ada perubahan yang berbeda antara Pemilu 2009 dengan Pemilu sebelumnya. “Khususnya dalam pemberian tanda di surat suara. Bisa dicontreng dan juga dicoblos,” pungkasnya. (aim/udi) (Muhaimin/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s