Langkah Berat Caleg Perempuan

Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menghapuskan pasal 214, UU 10/2008 tentang Pemilu, yang menghapuskan sistem nomor urut caleg, dianggap memberatkan PDIP yang menggunakan mekanisme nomor urut.Namun begitu, PDIP tak gentar. PDP berharap putusan MK menjadi pemicu caleg meraup suara. “Kami berharap, putusan MK itu menjadi pemicu agar caleg dari PDIP lebih siap,” kata Sekjen DPP PDIP, Pramono Anung, kemarin.

Dengan putusan MK itu, menurut Pramono, dipastikan bakal memberatkan caleg perempuan. Sebab, porsi caleg perempuan lebih sedikit ketimbang caleg laki-laki. “Yang banyak menjadi korban tentu saja caleg perempuan. Karena kuotanya kan cuma 30 persen,” jelasnya.

Putusan itu, lanjutnya, juga berdampak pada persoalan finansial caleg. Sebab, caleg dituntut untuk lebih sering terjun ke lapangan menemui konstituennya. Namun, hal itu menurut Pramono tidak menjadi persoalan bagi PDIP. Sebab aturan itu, menjadi tanggung jawab partai dan caleg untuk bekerja lebih keras. “Kami meyakini struktur dan mesin politik lebih baik akan menghadapi persoalan itu,” jelasnya.

Meski demikian, Pramono mengakui putusan MK bakal mempengaruhi siapa yang bakal duduk dilembaga dewan. Agar tidak berpengaruh terhadap nasib PDIP kedepan, pihaknya sudah melakukan seleksi dengan melalui proses kaderisasi yang panjang sehingga secara kolektif PDIP benar-benar siap. “Ada kekhawatiran karena munculnya aturan MK ini menjadikan caleg kurang bersemangat, karena tidak ada bedanya dengan pengurus dan orang yang baru datang. Tapi hal itu tidak mengancam keberadaan caleg di nomer atas,” paparnya. (jpnn/udi) (JPNN)

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s