Anggota KPU Jatim Terima SK Perpanjangan

KPU Jatim kembali mengeluarkan SK perpanjangan bagi anggota KPU Daerah di Jawa Timur. SK yang dikeluarkan KPU Jatim pada 24 Desember lalu itu, tidak menyebutkan secara langsung tanggal dan bulan masa akhir tugasnya. Perpanjangan dilakukan selambat-lambatnya empat bulan setelah pelantikan pasangan Gubernur terpilih.

Berbeda dengan SK perpanjangan masa tugas sebelumnya, KPU Jatim mencantumkan langsung waktu yang jelas masa akhir tugas anggota KPU daerah. Awalnya, SK yang mereka kantongi hanya sampai 23 Juni 2008. Karena akan ada perhelatan Pemilu Gubernur Jatim, masa tugas mereka diperpanjang hingga 23 September. Tapi, Pilgub sampai putaran kedua, masa tugas mereka kembali diperpanjang hingga akhir Desember.

“SK perpanjangannya sudah keluar. Dalam diktumnya, perpanjangan selambat-lambatnya sampai empat bulan setelah gubernur terpilih dilantik,” kata Ketua KPU Kota Malang, Hendry, ST kepada Malang Post, kemarin.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua KPU Kota Batu, Mahfud, SK perpanjangan sudah diterimanya pada 24 Desember lalu. Berbeda dengan KPU Kota Malang yang memperpanjang lima anggota KPU, di KPU Kota Batu hanya ada empat anggota KPU yang diperpanjang, satu anggota KPU tidak diperpanjang karena sudah mengajukan pengunduran diri sebagai anggota KPU. Istamu memilih menjadi Ketua Panwas Pemilu Kota Batu. “SK pengunduran Pak Istamu sudah keluar dan tidak ada pergantian. Jumlah anggota KPU Kota Batu hanya empat dan masih memenuhi kuorum dalam rapat pleno KPU,” ungkapnya.

Perpanjangan kali ketiga tidak terlepas keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan penghitungan ulang dan pemilihan ulang Pilgub di tiga kabupaten di Madura. Pemilihan ulang rencananya akan dilakukan pada Januari mendatang. Asumsinya, pelantikan Gubernur akan dilaksanakan Februari 2009. Empat bulan setelah Februari jatuh pada Juni mendatang.

Anggota KPU yang ada saat ini tidak hanya akan melaksanakan Pilgub saja, tapi juga akan melaksanakan Pemilu Legislatif yang akan dilakukan pada 9 April 2009. Karena masa akhir tugas anggota KPU daerah sampai Juni.

“Kemungkinan besar sampai Pemilu Legislatif kami bertugas. Karena itu sudah menjadi tugas yang diberikan kepada kami, harus siap untuk dilaksanakan dengan amanah,” ujar Mahfud.

Sementara nasib 10 orang calon anggota KPU yang telah diseleksi anggota tim seleksi harus bersabar. Karena nasib mereka akan ditentukan setelah enam bulan kedepan, setelah masa tugas anggota KPU selesai empat bulan setelah pelantikan Gubernur terpilih. (aim/udi) (Muhaimin/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under jatim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s