Caleg PAN Gelontor Pupuk NPK

Tiga Caleg PAN Malang raya melakukan sosialisasi dengan menggelontor pupuk NPK kepada para petani di beberapa daerah di Malang raya. (Muhaimin/Malang Post)

Tiga Caleg PAN Malang raya melakukan sosialisasi dengan menggelontor pupuk NPK kepada para petani di beberapa daerah di Malang raya. (Muhaimin/Malang Post)

Tiga Caleg Partai Amanat Nasional (PAN) Malang raya menggelontor pupuk NPK kepada para petani di beberapa daerah di Malang raya. Tidak kurang dari lima ton pupuk NPK diberikan kepada kelompok tani langsung dari pabrik pupuk di Surabaya dan Gresik.

Ketiga caleg PAN yang memberikan bantuan pupuk NPK itu, M. Jusuf Rizal, SE, Caleg DPR RI wilayah Malang raya, Nurjanah, Caleg DPRD Jatim Dapil V dan Widodo, Caleg DPRD Kabupaten Malang. Secara simbolis, sumbangan pupuk diterima langsung kelompok tani di Malang selatan.

“Saat ini masa tanam dan banyak petani yang kesulitan memperoleh pupuk. Untuk mempermudah memperoleh pupuk, kami berikan tahap awal lima ton pupuk NPK kepada kelompok petani di Malang raya,” kata Jusuf Rizal kepada Malang Post, kemarin.

Untuk tahap awal, di Kabupaten Malang ada tiga kecamatan yang akan menerima bantuan pupuk itu, masing-masing Kecamatan Turen, Bululawang dan Pagak. Di Kota Malang hanya di Kecamatan Lowokwaru saja dan di Kota Batu akan diatur kemudian sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya.

Bantuan pupuk yang diberikan tidak semuanya diberikan secara cuma-cuma. Sebagian dijual kepada petani dengan dengan harga murah dibawah pupuk bersubsidi. Meski bukan pupuk bersubsidi, harga pupuk itu mampu ditekan. Pasalnya, pabrik pupuk yang memproduksi pupuk NPK itu, Jusuf Rizal menjadi komisaris di pabrik yang berlokasi di Surabaya dan Gresik. “Kami akan langsung kontrak politik dengan masyarakat soal penyiadaan pupuk bagi petani. Berapa pun kebutuhan petani akan kami penuhi,” ungkap Presiden LIRA itu.

Melalui pupuk itu akan dibentuk koperasi-koperasi yang akan menyalurkan pupuk tersebut kepada petani. Sehingga dapat mendorong ekonomi kerakyatan menuju kesejahteraan. Di beberapa daerah sudah ada beberapa koperasi yang akan diwujudkan untuk membangun ekonomi kerakyatan. “Sebagai caleg, kami siap untuk memfasilitasi dan memediasi masyarakat yang ingin membangun koperasi-koperasi untuk membangun ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Ditambahkan Nurjanah, bantuan pupuk yang diberikan kepada kelompok tani bukan kali pertama bukti nyata PAN kepada masyarakat. Jauh hari sebelum mereka menjadi caleg, pengurus dan aktivis PAN sudah berbuat kepada masyarakat tanpa harus membawa bendera partai seperti pada pengembangan UKM di Malang raya dan kemitraan dengan petani dan peternak. “Yang kami perbuat memang belum banyak, tapi kalau kami dipercaya dan mendapat dukungan akan lebih besar lagi hal yang dapat kami perbuat,” tuturnya. (aim/udi) (Muhaimin/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s