Menanam Padi Di Araya

Taman Indie Araya Kota Malang kembali menghadirkan even istimewa yaitu Tanam Padi. Even khas Taman Indie ini akan digelar pada Minggu (4/1) besok hingga 10 Januari mendatang.

Menurut Manager Taman Indie Araya Kota Malang Nanang Wintoro kegiatan ini merupakan jawaban atas minat masyarakat yang cukup tinggi untuk belajar dan mengetahui bagaimana proses menanam padi tradisional. Sekaligus event kali ini merupakan lanjutan dari even panen padi sebelumnya.

“Dalam kehidupan modern saat ini kadang kita dihadapkan segala sesuatu yang serba praktis dan instan.

Tanpa pernah mengetahui asal asul dari apa yang kita nikmati selama ini. Berbagai pola kehidupan, tradisi menjadi sesuatu yang langka untuk ditemui. Berdasar akan hal tersebut maka Taman Indie sebagai resto yang mengusung misi tradisional dan budaya memperkenalkan kepada masyarakat mengenai cara menanam padi, pada musim tanam kali ini di areal persawahan Taman Indie resto,” ungkapnya.

Menanam padi secara tradisional ini digelar mulai pukul 08.00. Saat pelaksanaan pengunjung diajak secara langsung bersama-sama para ibu-ibu tani menanam bibit padi secara berkelompok di areal persawahan. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat terjun secara langsung dalam membajak sawah dengan kerbau. Kondisi sawah yang basah dan becek akan menambah penasaran dan tidak menghalangi minat para peserta untuk turun langsung mengikuti acara ini. Pada akhir acara pengunjung bisa menikmati sajian tarian tanam padi sebagai penutup dari rangkaian prosesi kegiatan.

Agenda event Tanam Padi ini juga sudah mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Terbukti, untuk acara pembukaannya pada Minggu 4 Januari sebagai kegiatan pertama tercatat 120 peserta dari Sunday school telah mendaftarkan diri untuk mengikuti acara ini. Peserta yang rata-rata berumur 15 tahun ini akan turun langsung untuk belajar bercocok tanam. Pada pelaksanaan selanjutnya pada10 Januari, sudah tercatat 70 anak-anak usia TK dan SD yang akan ikut serta.

“Suatu kesempatan yang langka dan amat jarang ditemui di kehidupan masyarakat saat ini yang serba modern,” tuturnya.

Kegiatan ini lanjut Nanang tentunya menjadi penambah pengetahuan bagi anak-anak sekaligus menjadi pembelajaran langsung di lapangan mengenai pola bercocok tanam dan tradisi yang ada. Apalagi Indonesia merupakan negara agraris yang mayoritas penduduknya bekerja di sektor pertanian dan perkebunan dengan kekayaan alam yang berlimpah. (oci) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

1 Komentar

Filed under Malang

One response to “Menanam Padi Di Araya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s